Tips Memilih Raket Badminton Yang Tepat

Badminton merupakan suatu olahraga yang memiliki teknik tertentu baik dalam permainan maupun pemilihan raket. Bagi pemain pemula, tips memilih raket badminton sangatlah penting. Sebelum berlatih menggunakan teknik yang sulit pemula harus memahami dulu bagaimana gaya permainannya. Karena gaya permainan yang akan menentukan raket yang akan digunakan. Setiap raket pastinya memiliki kecenderungan masing-masing. Baik itu untuk pemain pemula maupun profesional. Seperti pemain yang mempunyai gaya bermain control dan power tentunya menggunakan raket khusus. Untuk para pemula dalam memilih raket badminton tidak perlu raket yang mahal terlebih dahulu, tetapi raket yang tepat dengan gaya bermain. Raket dengan harga lebih pastinya memiliki tingkat kesulitan yang lebih. Nah, itu akan membuat Anda dalam berlatih akan mengalami perkembangan yang cepat.

tips memilih raket badminton

Cara dan Tips Memilih Raket Badminton

Melihat berat raket merupakan tips memilih raket badminton yang harus Anda lakukan. Berat raket sangat penting untuk diketahui karena akan berhubungan dengan kekuatan Anda. Dengan berat badminton yang tepat akan membantu Anda dalam berlatih. Berat raket ini disesuaikan dengan keinginan Anda. Ketika Anda ingin melatih kekuatan Anda bisa membeli raket yang berat. Raket yang berat akan membantu mengembangkan kekuatan Anda dalam memukul. Namun ketika Anda ingin melatih kelenturan tangan agar bisa lebih lihai. Anda bisa memilih raket badminton yang ringan. Raket yang lebih ringan akan sangat membantu Anda dalam melatih kelenturan tangan. Karena tangan Anda akan lebih leluasa dengan ringannya raket.

Tips memilih raket badminton kedua dengan mengukur keseimbangan raket. Pengukuran ini dilakukan untuk mengukur keseimbangan antara control dan power raket. Dengan raket yang seimbang antara control dan power akan membuat Anda lebih nyaman dalam memakainya. Dalam melihat raket itu seimbang atau tidak. Caranya sangat mudah Anda hanya perlu meletakkan batang raket pada jari telunjuk. Kemudian Anda bisa melihat keseimbangan antara power dan kontrol pada raket. Cara tersebut sangat ampuh dan sederhana dalam memilih keseimbangan raket badminton.

tips memilih raket bulutangkis untuk pemula

Tips memilih raket badminton ketiga dengan melihat kekakuannya batang raket. Batang raket ada dua tipe yaitu flexible dan keras. Kedua tipe ini akan berhubungan dengan gaya permainan Anda. Untuk itu sangat penting Anda melihat kekakuan batang raket. Dalam melihat kekakuan batang raket bisa dilakukan membengkokkan batang raket. Pembengkokan dilakukan dengan memegang kedua ujung raket. Dengan cara ini bisa dilihat bagaimana tipe raket yang kemudian disesuaikan dengan tipe permainan Anda.

Tips memilih raket badminton keempat yakni frame raket. Frame raket yang memiliki bentuk berbeda pasti mempunyai kecenderungannya masing-masing. Pada umumnya frame raket ada dua macam yaitu isometik dan konvensional. Frame isometik sudah banyak bisa Anda temukan dipasaran. Frame ini memberikan Anda kemudahan dalam akurasi pukulan. Karena menyediakan tempat yang cukup dengan bentuknya yang seperti persegi. Frame konvensional bisanya berbentuk oval. Dengan bentuk oval ini akan mengurangi tempat pemukulan karena ruangan yang disediakan lebih sempit. Frame dan konvensional ini memiliki keunggulan pada hasil pukulan yang berkualitas, namun frame konvensional ini masih sangat jarang.

memilih keseimbangan raket badminton

Tips memilih raket badminton kelima yaitu harga. Tentunya harga raket perlu menjadi pertimbangan mendasar untuk Anda. Tetapi untuk mendapatkan raket yang bagus patinya harganya pun akan lebih mahal. Harga raket biasa sangat dipengaruhi oleh bahan raket itu sendiri. Bahan yang bagus akan membuat raket lebih tahan lama, dan pastinya raket akan lebih nyaman pada saat digunakan. Maka dari itu jangan sampai Anda membeli raket dengan kualitas rendah tetapi harga mahal. Anda harus lebih teliti dalam memilih raket.

Demikian tips memilih raket badminton yang tepat. Tips ini bisa Anda jadikan referensi yang tepat. Tidak hanya persoalan harganya tetapi juga kebutuhan Anda. Kebutuhan disini bisa dilihat dari pemilihan raket yang disesuaikan dengan gaya bermain. Tentunya hal ini akan sangat mempengaruhi performa Anda saat bermain badminton. Selain itu, memilih raket badminton yang tepat akan membuat Anda bisa lebih berkembang dengan latihan yang rutin. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda sebagai pengetahuan baru.

Related Post to Tips Memilih Raket Badminton Yang Tepat

error: Content is protected !!