Tips Diet Sehat Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Setelah hamil dan melahirkan, tidak dipungkiri wanita akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak. Hal ini mengakibatkan rasa yang kurang nyaman dan kurang percaya diri untuk sebagian besar wanita, hingga mereka rela melakukan berbagai cara untuk mengembalikan bentuk tubuhnya setelah melahirkan. Banyak yang juga bertanya-tanya amankah melakukan diet setelah melahirkan?. Melakukan diet setelah melahirkan sebenarnya sah-sah saja, asalkan Anda tidak mengesampingkan kebutuhan nutrisi untuk sang bayi, karena Anda masih memberikan ASI eksklusif. Lalu, bagaimana cara diet setelah melahirkan? Berikut tipsnya :

tips diet sehat turunkan berat badan setelah melahirkan

  1. Menyusui Anak

Kegiatan menyusui tidak hanya untuk memberikan makanan dan nutrisi. Menyusui juga mengurangi timbunan lemak di dalam tubuh, karena lemak-lemak yang tertimbun di dalam tubuh ibu yang digunakan untuk memproduksi ASI.

  1. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji sangat tidak baik untuk kesehatan, terlebih untuk ibu yang habis melahirkan dan sedang melakukan program penurunan berat badan. Makanan cepat saji biasanya mengandung banyak lemak, jadi sangat dianjurkan untuk menjauhi makanan cepat saji. Jadi program diet setelah melahirkan akan lebih mudah dijalankan.

  1. Beraktivitas Bersama Anak

Setelah melahirkan, waktu Anda akan lebih banyak dihabiskan bersama anak, sehingga akan sedikit sekali waktu untuk berolahraga. Cara untuk mengatasinya adalah dengan lebih aktif beraktivitas bersama anak. Misalnya dengan berjalan-jalan berkeliling komplek rumah. Setidaknya Anda akan tetap berkeringat dan merasa lebih fresh .

  1. Perbanyak Makan Sayur

Seperti diet-diet yang lain, sayur yang kaya akan kandungan serat sangat baik untuk dikonsumsi. Selain untuk diet, sayur juga sangat baik untuk memperlancar ASI. Sehingga selama Anda menjalankan program diet, kebutuhan ASI bayi Anda akan tetap terpenuhi dengan baik.

  1. Air Putih

Air putih juga selalu menjadi point penting untuk program diet apapun.

  1. Tetap Prioritaskan Anak

Apapun itu, tumbuh kembang anak adalah yang terpenting. Jangan korbankan kebutuhan anak untuk program diet setelah melahirkan yang sedang Anda lakukan.

  1. Ikut Olahraga Senam

Ikut olahraga senam memang tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain untuk mengatasi kepenatan, olahraga senam biasa dilakukan bersama-sama dalam satu tim. Jadi dengan olahraga ini Anda bisa mendapatkan teman dan lingkungan baru selain untuk menjalankan program diet setelah melahirkan.

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk diet setelah melahirkan. Menjaga bentuk tubuh memang sangat penting dan banyak manfaatnya. Selain untuk alasan kesehatan, memiliki tubuh yang indah juga memberikan efek percaya diri yang lebih tinggi. Selama hal tersebut tidak memaksakan diri dan merepotkan orang lain di sekitar Anda tentu sah-sah saja untuk dilakukan. Yang terpenting adalah tumbuh kembang anak tidak terganggu, dan kepuasan Anda dengan mendapatkan bentuk badan yang indah juga bisa didapat. Selamat mencoba dan semoga program diet yang Anda lakukan setelah melahirkan bisa sukses.

Related Post to Tips Diet Sehat Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

error: Content is protected !!