Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Para Lansia

Secara umum, orang tua bisa dikatakan lansia jika telah berusia 60 tahun ke atas. Orang tua pada usia tersebut sangat mudah terserang penyakit. Beragam penyakit metabolik seperti darah tinggi, diabetes dan stroke sering kali mendera para lansia. Biasanya penyakit-penyakit ini mulai muncul pada saat usia mereka 50 tahunan. Sebenarnya penyakit-penyakit ini merupakan salah satu efek dari pola makan dan gaya hidup semasa muda, lalu berkembang dan menimbulkan berbagai penyakit ketika tua. Selain itu perubahan emosi pada usia lanjut juga mengalami perubahan, sehingga kita harus lebih sabar dalam merawat orang tua. Sudah menjadi kewajiban bagi seorang anak untuk menjaga dan merawat kesehatan mereka. Agar kesehatan orang tua selalu terjaga maka penting bagi kita mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan dalam merawat orang tua lanjut usia.

tips dan cara menjaga kesehatan para lansia

Adapun tips dan cara menjaga kesehatan para lansia yang bisa Anda lakukan agar berbagai penyakit yang biasa menyerang mereka bisa dicegah, antara lain :

  • Menjaga pola makan untuk lansia

Biasanya pada usia lansia kebutuhan energi akan menurun. Oleh karena itu asupan makanan yang dibutuhkan juga berkurang. Anda bisa mengurangi porsi makan lansia agar tidak mengganggu stamina mereka. Sediakan juga makanan yang lunak agar mudah untuk dicerna lambung mereka.

  • Memilih jenis makanan yang tepat bagi lansia

Berikan juga jenis makanan yang bervariasi agar gizi yang diperlukan oleh tubuh bisa dipenuhi. Batasi pemberian makanan yang mengandung lemak tinggi, makanan yang terlalu manis dan kurangi juga asupan garam. Makanan dengan kadar lemak tinggi bisa meningkatkan kolesterol jahat, sehingga penyakit seperti stroke dan jantung bisa saja menyerang. Berikanlah makanan yang mengandung kalsium agar kesehatan tulang selalu terjaga serta terhindar dari penyakit osteoporosis. Pemberian makanan dengan yang mengandung karbohidrat kompleks pun bisa Anda lakukan agar kesehatan mereka tetap terjaga.

  • Menjaga agar aktifitas fisik mereka tidak berlebihan

Olahraga sangat penting bagi lansia agar kesehatan mereka selalu terjaga. Tapi jenis olahraga yang bisa dilakukan para lansia sangatlah berbeda dengan aktifitas ketika masih berusia muda. Pastikanlah kalau mereka tidak melakukan jenis olahraga berat dan hanya melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda ataupun senam.

  • Membiasakan pola hidup

Semakin bertambahnya usia maka daya tahan tubuh akan semakin berkurang. Sehingga beragam penyakit bisa saja menyerang. Dengan menjaga kebersihan maka berbagai macam kuman penyakit akan sulit masuk ke dalam tubuh, sehingga mengurangi resiko terserang penyakit.

  • Lakukan medical check up secara rutin

Pada usia lanjut resiko tekanan darah yang tinggi, kadar kolesterol tinggi dan kadar gula darah tinggi sering menyerang. Dengan melakukan pengecekan kadar kolesterol, kadar gula dan tekanan darah maka Anda bisa lebih sigap dalam mengatasi resiko yang disebabkan oleh hal-hal tersebut. Karena penyakit bisa saja muncul secara tiba-tiba.

  • Jagalah emosi mereka

Semakin bertambahnya umur seseorang maka emosinya pun akan mengalami perubahan. Jagalah emosi orang tua. Karena perasaan mereka sensitif dan mudah tersinggung. Membuat mereka marah atau sedih akan berpengaruh pada emosi dan pikiran mereka.

Related Post to Tips dan Cara Menjaga Kesehatan Para Lansia

error: Content is protected !!