Tahapan Demi Tahapan Perkembangan Bayi 6 Hingga 12 Bulan

Memiliki buah hati memang menjadi salah satu hal paling membahagiakan bagi banyak pasangan. Terlebih bila memiliki kesempatan untuk mengasuh, serta melihat dari dekat perkembangan sang anak. Bayi di bawah umur 1 tahun bisa dibilang sedang dalam masa golden age. Pada usia ini, banyak sekali perkembangan bayi yang seharusnya mendapat perhatian penuh dari orang tua. Karena itu, tahapan perkembangan bayi 6 hingga 12 bulan pun patut dimengerti benar sehingga dapat mendeteksi secara dini bila ada perkembangan anak yang terlambat.

Perkembangan bayi dari umur 6 bulan hingga 12 bulan memang menarik untuk diikuti. Bayi pada usia ini biasanya menunjukan perkembangan yang begitu signifikan dari bulan ke bulan. Bukan hanya penampilan fisiknya saja yang berubah, bayi pada usia ini pun sudah mulai akan mengenali lingkungan, orang sekitar, orang tua hingga dirinya sendiri. Bila bayi pada usia di bawah 6 bulan menghabiskan waktu dengan menangis, minum ASI, tidur dan buang air, maka bayi pada usia 6 bulan ke atas sudah mulai memiliki aktifitas. Bayi pada usia ini sudah mulai bisa bermain, ia akan mengenali mainan-mainan serta sudah mampu melihat banyak warna. Perkembangan organ tubuh seperti tangan dan kaki pun sudah semakin banyak dan aktif untuk bergerak. Selain itu, bayi pada usia ini pun sudah mulai dapat diajak berinteraksi dan memberi tanggapan.

Ingin tahu lebih jauh lagi mengenai tahapan perkembangan bayi 6 hingga 12 bulan? Simak ulasannya dibawah ini.

Perkembangan bayi pada usia 6 bulan

Perkembangan yang paling nampak mencolok pada bayi di usia 6 bulan adalah jam tidur. Bayi tak akan banyak tidur di siang hari lagi, namun lebih banyak tidur di malam hari. Lebih tertatanya jam tidur siang dan malam ini karena body clock pada bayi sudah bisa menentukan kapan siang dan kapan malam hari. Usia 6 bulan merupakan waktu krusial untuk bayi. Di usia ini, bayi sudah mulai boleh makan-makanan padat sebagai pendamping ASI. Ibu pun seharusnya pintar-pintar memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang bayi karena di usia ini pun bayi sudah mulai aktif.

tahapan perkembangan bayi 6 hingga 12 bulan 6

Di usia sebelumnya, bayi sudah mulai menunjukan perkembangan gerak motorik. Di usia ini, bayi mulai mengerti kapan dan bagaimana menggunakan tangan dan kakinya. Ia sudah mulai mampu memeluk boneka atau guling, sudah bisa menggenggam mainan, beberapa bayi bahkan sudah mulai bisa duduk sendiri dan merangkak pada usia ini. Banyak bayi yang tak melalui proses merangkak dan langsung berjalan dengan dituntun.

Selain itu, perkembangan lain ialah bayi mulai bisa menanggapi candaan dan tertawa. Ia pun seharusnya sudah bisa menunjukan tanda-tanda mengenali lingkungannya, misal mengulurkan tangan pada ibu, menggapai saudara atau hewan peliharaan, hingga tersenyum.

Perkembangan bayi pada usia 7 bulan

Usia 7 bulan biasanya ditandai dengan mulai munculnya gigi pertama. Ini merupakan hal yang cukup penting jadi bila sampai akhir bulan ke 7 anak belum menunjukan pertumbuhan gigi sama sekali, ada baiknya diperiksakan ke dokter tumbuh kembang. Selain itu, di usia ini anak mulai menunjukan emosi. Ia akan marah bila tak mendapati sang ibu di dekatnya, menunjukan emosi sedih ketika harus ditinggal kerja, hingga meluapkan kegembiraan dengan melompat-lompat dan tertawa ketika bermain. Selain itu, pada usia ini anak akan mampu mengulang-ulang kata seperti “papappa” atau “mamamma”. Ia pun akan mulai bisa meniup.

tahapan perkembangan bayi 6 hingga 12 bulan 7

Perkembangan motorik anak biasanya ditunjukan dengan menjinjit ketika dituntun berjalan, hingga mampu memegang dua benda sekaligus. Anak pun sudah mulai mengerti mana makanan yang ia sukai dan mana yang tidak.

Perkembangan bayi pada usia 8 bulan

Di usia ini, bayi semakin memiliki pendengaran dan emosi yang matang. Ia pun mulai bisa mengerti dan mengenali emosi orang di sekitarnya dan merespon emosi tersebut. Misalnya, ia akan balas tertawa atau tersenyum, bahkan menangis bila tahu ia dimarahi. Pada usia ini, banyak bayi yang sudah mulai duduk tegak. Jam tidur malam dan siang semakin teratur, dan sudah mulai menyukai makanan-makanan manis.

tahapan perkembangan bayi 6 hingga 12 bulan 8

Bayi pada usia ini pun seharusnya sudah bisa memungut barang kecil serta melepas ikatan. Ia pun akan mulai senang belajar mengenai tekstur. Usia 8 bulan adalah saat yang tepat untuk melatih bayi makan sendiri dengan tangan, hingga bermain-main dengan pasir atau mandi bola.

Perkembangan bayi pada usia 9 bulan

Bila di usia-usia sebelumnya waktu tidur dan bangun bayi sudah mulai terjadwal, di bulan ini ketika ia giginya mulai tumbuh ia akan mulai sulit untuk tidur. Ada beberapa alasan mengapa bayi sulit tidur pada usia ini. Yang paling umum, usia 8 bulan menjadi saat-saat paling aktif untuk bayi. Ia sudah mengerti rasa enggan untuk tidur dan lebih senang bermain atau mengeksplorasi hal-hal baru disekitarnya. Selain itu, ketika gigi tumbuh semakin banyak, bayi pun kerap merasa tidak nyaman yang akhirnya membuatnya lebih susah untuk tidur.

tahapan perkembangan bayi 6 hingga 12 bulan 9

Pendengaran bayi di usia 8 bulan pun semakin baik, ia sudah bisa mengenali suara-suara musik dan bahkan ikut menggerakan tangan atau kaki seiring irama musik.

Perkembangan bayi pada usia 10 bulan

Di usia ini, bayi sudah mulai belajar berjalan sendiri dengan merambat di dinding atau sofa. Selain itu, bayi pun sudah bisa melempar, merebut serta membanting mainan-mainannya. Kedua tangan bayi pun seharusnya digunakan secara bergantian dan aktif. Di usia 10 bulan, bayi lebih baik banyak di ajak bermain yang melibatkan fisik. Misalnya saja, berenang, hingga dituntun untuk belajar menendang bola. Di usia ini, bayi sudah mulai mampu menunjukan rasa afeksi dengan memeluk atau mencium.

tahapan perkembangan bayi 6 hingga 12 bulan 10

Perkembangan bayi pada usia 11 bulan

Di usia ini, gerakan bayi akan semakin banyak. Ia sudah mulai bisa berjalan sempoyongan, mendorong benda-benda seperti kardus hingga mainan. Serta menoleh ketika namanya dipanggil. Bayi pada usia ini pun akan senang bergerak seirama musik. Ia pun sudah bisa menggunakan jari-jarinya untuk menjepit dan sebagainya.

tahapan perkembangan bayi 6 hingga 12 bulan 11

Perkembangan bayi pada usia 12 bulan

Usia 12 bulan merupakan gerbang bayi untuk masuk dalam area “pembelajaran” bukan lagi perkenalan seperti pada bulan-bulan sebelumnya. Di bulan ini, bayi bisa diajarkan untuk melambaikan tangan, membuat gerakan cium jauh. Selain itu, bayi pun sudah mulai mengeluarkan kata-kata seperti “mamam”, dan lain-lain. Perkembangan lain, bayi bisa menunjuk dan beberapa bayi pun sudah mulai dapat berjalan sendiri meski tertatih-tatih.

Bagaimana? semoga pembahasan lengkap tahapan perkembangan bayi 6 hingga 12 bulan berguna untuk Anda yang tengah memiliki buah hati, jangan lupa untuk membaca artikel-artikel kami lainnya di blog ini.

Related Post to Tahapan Demi Tahapan Perkembangan Bayi 6 Hingga 12 Bulan

error: Content is protected !!