Tahapan Demi Tahapan Perkembangan Bayi 0 Hingga 5 Bulan

Lima bulan pertama sejak kelahiran bayi memang menjadi masa-masa penting bagi pertumbuhannya. Berbeda dengan usia lain, tahapan perkembangan bayi 0 hingga 5 bulan dapat dibilang begitu signifikan. Inilah mengapa para ibu seharusnya mengetahui dan memantau bagaimana tahap demi tahap perkembangan sang buah hati. Bayi dalam usia 0 hingga 5 bulan pertama setelah lahir memerlukan pemantauan secara seksama untuk perkembangannya. Pasalnya, mulai usia inilah organ-organ penting bayi mulai tumbuh dan menyesuaikan dengan dunia luar.

Karena itu, sedikit saja perkembangan bayi pada masa 0 hingga 5 bulan mengalami masalah, orang tua sebaiknya langsung awas dan berkonsultasi dengan dokter.

Tak ada panduan jelas mengenai bagaimana tahapan perkembangan bayi yang “paten”. Pasalnya seperti yang kerap ditekankan oleh para dokter anak, seperti juga orang dewasa, bayi yang satu berbeda dengan bayi yang lain. Namun walau perkembangan bayi berbeda-beda, ada suatu acuan yang dijadikan tolak ukur perkembangan bayi dari bulan ke bulan. Misalnya saja, pada bulan tertentu bayi seharusnya sudah melebihi berat lahir untuk dapat dikatakan berkembang dengan baik. Atau misalnya, bayi pada usia sekian bulan seharusnya sudah bisa melakukan gerakan motorik yang menunjukan tak ada gangguan pada fungsi motoriknya. Atau sudah dapat merespon suara, cahaya dan lain-lain.

Untuk lebih lengkap mengenai tahapan perkembangan bayi 0 hingga 5 bulan, kami memiliki ulasan lengkapnya di bawah ini. Jangan sampai ketinggalan ya!

Perkembangan bayi pada usia 0 bulan

Sejak hari pertama bayi lahir, sudah nampak adanya perkembangan yang cukup signifikan pada bayi. Bayi pada usia dibawah 1 bulan atau usia 0 memiliki penampilan yang keriput serta nampak banyaknya kulit yang berlipat. Ini merupakan hal yang normal. Kulit bayi usia 0 nampak keriput karena lamanya berendam dalam air ketuban. Sedangkan kulit bayi yang seakan “kosong” karena belum adanya lemak serta daging dibawah kulit. Inilah mengapa, penting untuk ibu menjaga bayi agar selalu hangat pada bulan-bulan pertama kehadirannya di dunia.

Meskipun tak semua, mayoritas bayi yang baru lahir pada hari-hari pertama akan lebih banyak menutup mata. Dalam beberapa hari, seharusnya bayi sudah mulai membuka mata meski belum begitu memiliki respon pada cahaya.

Perkembangan lain yang paling signifikan dan penting pada usia 0 bulan ini adalah bayi seharusnya sudah bisa menggenggam (atau membuka tutup telapak tangan dan jari-jarinya), menoleh dan menggerakkan kepala, memiliki respon pada puting susu, serta mampu menghisap susu dari puting.

Perkembangan bayi usia 1 bulan

Di usia ini, bayi seharusnya sudah kembali ke berat tubuhnya ketika lahir (atau bahkan sudah lebih). Pada bulan-bulan pertama hidup di dunia, bayi yang baru berusia 1 bulan memang kebanyakan yang dilakukan menangis. Tangisan bayi di usia ini yang paling umum tentu karena haus/lapar, buang air besar atau kecil, mengantuk, bangun tidur, atau tanpa alasan apapun. Tangisan di usia ini termasuk wajar sebagai penyesuaian bayi setelah keluar dari rahim ibu.

tahapan perkembangan bayi 0 hingga 5 bulan 1

 

Perkembangan fisik di usia ini, kepala bayi biasanya tidak simetris dengan bentuk hidung yang pesek, dan bibir bengkak. Hal ini wajar terutama bila bayi lahir secara normal. Warna mata bayi pun akan berubah karena pigmen irish pada bola mata belum terbentuk sempurna. Bayi pun belum bisa membedakan siang dan malam, sehingga ia bisa saja tidur sepanjang siang dan bangun pada malam hari.

Bila di minggu-minggu awal bayi hanya bisa membuka dan menutup genggaman, di usia ini bayi akan bisa menggenggam jari ibu/ayah, kelopak matanya pun seharusnya sudah terbuka secara sempurna.

Perkembangan bayi usia 2 bulan

Di usia ini, penampilan bayi sudah akan semakin baik. Sudah terlihat menumpuknya daging di bawah kulit yang membuat tubuh bayi tak lagi nampak kisut. Walau begitu, kepala bayi mungkin belum terbentuk sempurna dan masih terasa lunak. Di usia ini, bayi biasanya sudah mampu melihat hingga jarak 20 cm. Ini waktu yang tepat untuk mulai merangsang gerak motorik bayi dengan mainan karena bayi sudah dapat melihat dan memiliki keinginan untuk menggapai mainan tersebut. Selain itu, pada usia ini bayi pun akan mulai menghisap tangan, telapak kaki hingga mainan. Hal ini pun normal sebagai insting bayi yang ingin memperlajari sekitarnya. Biasanya pada usia ini, bayi sudah mulai memiliki jadwal waktu tidur siang dan malam.

tahapan perkembangan bayi 0 hingga 5 bulan 2

Perkembanga  bayi usia 3 bulan

Usia ini menjadi usia dimana bayi akan mulai aktif dan banyak bergerak. Tak hanya tiduran, bayi pun sudah mulai akan mecoba memiringkan badan hingga mengangkat serta menyanggah kepalanya. Meskipun ada beberapa bayi yang baru masuk tahapan tersebut pada bulan keempat. Bayi pun akan semakin banyak menggapai, meremas serta memukul-mukul dengan kedua tangan. Selain pergerakan motorik yang semakin tumbuh cepat, kemampuan bayi untuk melihat cahaya pun semakin bagus.

tahapan perkembangan bayi 0 hingga 5 bulan 3

Meski begitu, mata bayi belum begitu bisa membedakan warna. Pendengaran bayi pun semakin baik dan ia mulai mengenali suara. Jangan heran bila pada usia ini bayi sudah akan mengenali suara dan wajah ibu atau orang terdekat. Ia pun mulai bisa mengenali dirinya bila diperlihatkan ke cermin.

Untuk penampilan fisik, tinggi bayi seharusnya sudah mengalami pertumbuhan cukup signifikan pada usia ini.

Perkembangan bayi usia 4 bulan

Di usia ini, perkembangan bayi pun akan semakin banyak. Yang paling dasar, bayi akan semakin mengenali sekitarnya. Ini salah satunya ditunjukan dengan kebiasaan memasukan mainan ke dalam mulut atau mencoba menggigit sesuatu. Selain itu, bayi mulai akan membuat suara selain menangis atau tertawa. Ini merupakan cara bayi untuk mulai berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya. Pada usia ini pun bayi sudah mulai mencoba mengangkat kepalanya tinggi-tinggi. Sedangkan beberapa bayi justru menunjukan tanda-tanda untuk mulai tengkurap. Biasanya, bayi akan mulai menggulingkan badan ke posisi tengkurap dari telentang. Suara yang dikeluarkan bayi pun akan semakin banyak jenisnya dan mulai menirukan suara-suara di sekitarnya.

tahapan perkembangan bayi 0 hingga 5 bulan 4

Perkembangan bayi usia 5 bulan

Di usia ini, bayi sudah mulai memberikan respon pada sekitar. Misalnya saja, tertawa ketika diajak bermain, menunjukan rasa tertarik pada mainan, mobil, hingga warna-warna. Kemampuan melihat bayi pun semakin bagus dan ia sudah bisa membedakan warna yang satu dengan yang lain. Bayi pun seharusnya sudah bisa mengenali lebih banyak wajah dan suara.

tahapan perkembangan bayi 0 hingga 5 bulan 5

Di usia ini, beberapa bayi mulai mengenali tubuhnya. Ini ditunjukan dengan mulai aktif berusaha menyentuh kaki hingga berusaha mengangkat tubuhnya ke posisi duduk. Bayi pun akan lebih banyak makan karena lebih aktif.

Tahapan perkembangan bayi 0 hingga 5 bulan di atas semoga dapat berguna untuk pembaca!

Related Post to Tahapan Demi Tahapan Perkembangan Bayi 0 Hingga 5 Bulan

error: Content is protected !!