Reksa Dana Adalah Wadah Para Investor

Reksa dana saat ini sudah mulai dilirik oleh para investor karena memiliki keuntungan yang lebih sesuai dengan jenisnya. Reksa dana adalah wadah bagi para investor. Gambaran mudahnya adalah reksa dana sebagai wadah bagi para investor yang tergabung dalam satu tempat untuk menginvestasikan modalnya. Sasaran untuk reksa dana ini biasanya untuk investor pemula. Bagi Anda yang baru memulai investasi, Anda bisa menggunakan reksa dana sebagai sarana yang tepat dan sesuai. Investasi dari reksa dana ini dikelola oleh manager. Pengisi investasinya bisa dari individu maupun institusi dengan waktu terbatas. Untuk itu Anda sebagai investor bisa cepat melihat hasilnya berbeda dengan saham. Ada banyak jenis reksa dana, berikut jenis-jenis reksa dana.

reksa dana adalah

Macam dan Jenis Reksa Dana

Jenis pertama reksa dana adalah pasar uang yang ditanam dengan sifat hutang. Hutang ini biasanya bertempo kurang dari satu tahun lamanya. Pasar uang dalam reksa dana ini menggunakan surat hutang, dimana surat hutang jangka pendek dengan jangka kurang satu tahun. Resiko dari investasi ini sangat rendah jadi aman digunakan untuk investor pemula, karena menggunakan jangka pendek. Walaupun bersifat jangka pendek, namun ketika Anda ingin menggunakan untuk jangka panjang juga bisa. Namun ketika memilih jangka panjang ini Anda akan mendapatkan untung yang lebih kecil.

Jenis kedua dari reksa dana adalah pendapatan tetap. Jenis ini menawarkan kepada investor untuk mendapatkan pendapatan tetap. Dengan kriteria pendapatan tujuh sampai lima belas persen. Jenis ini sangat cocok bagi investor yang menginginkan investasinya untuk jangka pendek tiga sampai lima tahun lamanya. Namun tidak jarang pula beberapa bank dalam jenis ini tidak sesuai dengan namanya. Pendapatan justru bisa juga menurun.

jenis reksa dana

Jenis ketiga reksa dana adalah campuran jenis ini menawarkan produk investasi yang lainnya. Biasanya jenis ini terbagi menjadi moderat, agresif ataupun konservatif tergantung produk investasinya. Dengan ciri semakin banyak dana investasi maka semakin banyak pula hasil produksinya. Hasil yang lebih tinggi tentunya resiko yang akan diterima juga lebih tinggi. Jenis reksa dana ini juga dapat digunakan untuk investasi jangka menengah. Jangka menengah disini berkisar antara lima belas sampai dua puluh tahun. Dan semakin lama jangka investasi maka akan semakin agresif dengan keuntungan lebih banyak.

Jenis ketiga reksa dana adalah saham. Reksa dana jenis ini dana yang dikelola 80% dari dana investasi. Hasil dari investasi jenis saham memiliki tingkat dengan hasil yang tinggi. Namun resiko yang didapatkan juga tinggi. Hasil dari yang ditargetkan dari investasi saham yaitu 20-25% setiap tahunnya. Investasi jenis ini biasanya digunakan untuk investasi jangka panjang dengan hasil sampai 40%. Dengan resiko yang sangat tinggi jenis ini tidak cocok untuk investasi jangka pendek. Jangka waktu investasi jenis saham biasanya berkisar 10 tahun. Dana yang tepat digunakan untuk reksa dana saham biasanya dana pensiun.

reksa dana saham

Pengguna reksa dana adalah semua orang, baik itu mahasiswa sampai ibu rumah tangga. Hal ini didasarkan pada prinsip reksa dana dengan sasaran investasi jangka pendek. Investasi jangka pendek tentunya sangat tepat untuk para investor pemula dan kelas menengah ke bawah. Namun investasi yang dihasilkan pastinya akan lebih sedikit. Dalam memilih reksa dana tentunya investor juga harus melihat prospek juga produk reksa dana. Hal ini bertujuan agar investor tidak salah langkah sebelum menginvestasikan dananya.

Dengan pengertian reksa dana adalah wadah bagi para investor, tentu Anda akan semakin mengerti apa itu reksa dana. Di reksa dana ini siapapun Anda bisa menginvestasikan dana yang Anda miliki. Tentunya hasil investasi akan sangat menguntungkan bagi para investor. Demikian jenis reksa dana yang kami informasikan semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin cara aman menginvestasikan uangnya. Dan tentu saja, hal ini bisa menjadi informasi baru bagaimana menginvestasikan dana Anda. Tentukanlah investasi Anda kepada yang tepat agar Anda tidak mengalami kerugian.
Selamat berinvestasi dan siapkan masa depan yang cerah bagi keluarga, terutama putra dan putri Anda.

Related Post to Reksa Dana Adalah Wadah Para Investor

error: Content is protected !!