Penyebab Tubuh Mudah Lelah dan Cara Mengatasinya

Tubuh mudah lelah, tidak bergairah dan diselingi dengan menguap mungkin sering Anda alami ditengah-tengah aktivitas. Kurang tidur merupakan penyebab yang paling umum terjadinya tubuh menjadi cepat lelah. Namun terkadang walaupun sudah cukup tidur tapi rasa lelah tetap melanda. Kurang tidur bukanlah satu-satunya penyebab mengapa badan menjadi mudah merasa lelah dan tidak bergairah. Jika rasa lelah ini sering terjadi pada Anda maka ada faktor-faktor lain yang patut Anda ketahui agar rasa lelah dan tidak bergairah ini bisa diatasi.

Penyebab Tubuh Mudah Merasa Lelah dan Cara Mengatasinya

Berikut ini beberapa faktor penyebab tubuh mudah merasa lelah :

  1. Anemia

Kekurangan zat besi bisa menjadi penyebab anemia padahal sel-sel darah merah sangatlah diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan otak. Kekurangan oksigen dalam tubuh akan membuat Anda lelah sedangkan kekurangan oksigen dalam otak akan menghilangkan kosentrasi Anda.

  1. Depresi

Depresi bisa membuat gangguan emosi Anda terganggu, sehingga akan berdampak pada kesehatan Anda. Orang yang sedang mengalami depresi biasanya tidak nafsu makan sehingga tubuh menjadi kekurangan energi. Selain itu juga depresi dapat menyebabkan sakit kepala dan merasa lelah.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein

Terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kafein bisa menyebabkan Anda sulit untuk tidur, hal ini akan berakibat tubuh menjadi kurang istirahat sehingga merasa lelah.

  1. Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh akan menghambat fungsi kerja organ-organ dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan tubuh merasa lelah dan lemas. Selain itu, dehidrasi juga bisa menyebabkan daya konsentrasi menjadi menurun.

  1. Kekurangan Vitamin

Kekurangan vitamin, khususnya vitamin B12, akan menyebabkan tubuh Anda menjadi lemas, lunglai dan merasa lelah.

  1. Kurangnya olahraga

Kekurangan olahraga akan menyebabkan tubuh menjadi lemah, kaku dan sirkulasi darah tidak lancar sehingga tubuh akan merasa lelah dan tidak bertenaga.

  1. Kekurangan energi

Kurang energi dapat disebabkan karena tubuh kurang asupan makanan yang bergizi seimbang sehingga tubuh mudah merasa lelah.

Setelah mengetahui berbagai penyebab tubuh mudah lelah, maka Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi kelelahan sehingga tubuh menjadi lebih bugar:

–      Rajin berolahraga. Olahraga berfungsi melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Dengan berolahraga maka bagian-bagian tubuh tidak merasa kaku. Sehingga tubuh akan menjadi lebih semangat dalam beraktivitas.

–      Cukupi kebutuhan tidur. Mengistirahatkan tubuh dengan tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi segar.

–      Konsumsi suplemen penambah energi, tapi tentu saja dengan tidak berlebihan.

–      Konsumsi makanan bergizi seimbang. Cukupi asupan gizi Anda sehingga tubuh tidak akan kekurangan vitamin, karbohidrat, protein dan mineral.

–      Hindari mengonsumsi kopi atau makanan dan minuman lain yang mengandung kafein secara berlebihan.

–      Hindari stres yang berlebihan.

–      Minum air putih yang cukup.

Related Post to Penyebab Tubuh Mudah Lelah dan Cara Mengatasinya

error: Content is protected !!