Pengertian Reksadana dan Reksadana Syariah

Pengertian reksadana menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 tahun 1995 pasal 1, ayat 27 : “reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi”, Pengertian reksadana secara umum yaitu suatu wadah serta pola dalam pengelolaan dana atau modal bagi beberapa investor untuk melakukan investasi dalam suatu instrumen-instrumen investasi yang ada di pasar dengan cara melakukan pembelian unit penyertaan reksadana. Yang mana kemudian dana tersebut dikelola oleh manajer investasi dalam suatu portofolio investasi, baik itu berupa obligasi, pasar uang, saham dan yang lainnya.

pengertian reksadana

Pengertian lain reksadana bisa dilihat dari segi bahasa, di mana reksadana terdiri dari dua bahasa, yaitu reksa yang mengandung makna menjaga atau memelihara, serta kata dana yang memiliki kandungan arti himpunan uang, maka jika kedua kata tersebut digabungkan maka akan memiliki kandungan makna secara umum yaitu kumpulan atau himpunan uang yang dijaga atau dipelihara. Reksadana juga dapat diartikan sebagai dana milik bersama yang digerakkan oleh suatu perusahaan investasi dengan mengumpulkan uang dari para pemegang saham yang menginvestasikan dana tersebut ke dalam saham, opsi, obligasi komoditas serta sekuritas pasar uang.

Pengertian Reksadana Syariah Secara Umum

Selain pengertian reksadana perkembangan reksadana sepatutnya layak untuk dipelajari. Kini dalam perkembangannya reksadana juga hadir dalam reksadana syariah. Reksadana syariah adalah reksadana secara umum akan tetapi dilakukan atau beroperasi dengan dilandaskan pada ketentuan serta prinsip-prinsip syariah Islam baik dalam bentuk akad antara pemilik modal sebagai pemilik harta dengan manajer investasi sebagai wakil, ataupun antara manajer sebagai wakil dengan para pengguna dana. Secara spesifik, reksadana syariah sudah pasti tidak akan menginvestasikan dana yang dikelolanya kepada perusahaan yang bertentangan dengan syariat Islam.

pengertian reksadana syariah

Pengertian reksadana syariah secara rinci dapat ditilik dalam nilai pokok-pokok aturan reksadana syariah itu sendiri salah satunya adalah investasi hanya boleh dilakukan pada perusahaan yang produk serta pengelolaannya sesuai dengan syariah Islam. Yang mana perusahaan tersebut tidak memproduksi atau memasarkan barang misalnya makanan serta minuman yang haram serta syubhat. Investasi juga tidak akan dilakukan pada perusahaan yang memproduksi, menjual serta mamasarkan makanan atau minuman yang memabukkan.

Investasi reksadana syariah juga tidak akan dilakukan pada suatu perusahaan yang menyelenggarakan perjudian, atau yang melakukan tindakan atau kegiatan yang melanggar aturan tata susila manusia seperti pornografi, maupun perusahaan yang memproduksi senjata pemusnah manusia, produksi rokok maupun pada perusahaan yang mempraktikkan jasa keuangan dengan memberlakukan praktik riba. Di dalam reksadana syariah juga terdapat filterisasi kepada instrumen investasi berdasarkan pedoman syariah itu sendiri.

Jadi pengertian pengertian reksadana baik syariah maupun yang bukan syariah secara umum adalah suatu wadah serta pola dalam pengelolaan dana atau modal bagi beberapa investor untuk melakukan investasi dalam suatu instrumen-instrumen investasi yang ada di pasar dengan cara melakukan pembelian unit penyertaan reksadana. Yang mana kemudian dana tersebut dikelola oleh manajer investasi dalam suatu portofolio investasi, baik itu berupa obligasi, pasar uang, saham dan yang lainnya. Hanya dalam reksadana syariah secara umum dilakukan atau beroperasi dengan dilandaskan pada ketentuan serta prinsip-prinsip syariah Islam baik dalam bentuk akad antara pemilik modal sebagai pemilik harta dengan manajer investasi sebagai wakil, ataupun antara manajer sebagai wakil dengan para pengguna dana.

Related Post to Pengertian Reksadana dan Reksadana Syariah

error: Content is protected !!