Pengertian Mesin Bubut Konvensional dan Fungsinya

Pengertian Mesin Bubut – Mesin bubut adalah suatu alat yang terbuat dari logam, mesin bubut ini berfungsi untuk membentuk benda dengan cara menyayatnya, gerakan dari mesin bubut ini adalah memutar.

Dalam dunia industri mesin bubut ini sangat berperan penting seperti pada industri pembuatan sepeda motor, mesin bubut ini berguna untuk membuat benda yang berbentuk lingkaran seperti mur, baut, tromol, roda gigi, poros dan masih banyak lagi.

Mesin bubut ini sering dihubungkan dengan mesin seperti mesin bor (drilling machine), mesin gerinda (grinding machine), mesinfrais (milling machine), mesin sekrap (shaping machine), mesin gergaji (sawing machine) dan mesin-mesin yang lainya.

pengertian mesin bubut

Selain mesin bubut banyak terdapat di industri, sekarang ini juga banyak yang menggunakan mesin bubut ini untuk kebutuhan usaha mereka, seperti digunakan oleh para tukang las untuk mempermudah pemotongan besi ataupun membuat sayatan jalur mur atau baut.

Untuk menggunakan mesin bubut ini diperlukan seseorang yang sudah ahli, karena jika orang biasa seperti kita, tidak akan mungkin bisa menggunakan dengan baik, karena mesin bubut ini sangat rumit dalam pengaplikasiannya.

Sekarang ini banyak sekali tipe dan jenis dari mesin bubut ini, akan tetapi di sini akan membahas mengenai pengertian mesin bubut konvensional. Dari pengertian konvensional saja mungkin Anda sudah terbayang gambaran dari mesin bubut ini. Nah untuk mengetahui mesin bubut konvensional lebih dalam silahkan simak berikut ini.

Pengertian Mesin Bubut Konvensional

Sebenarnya mesin bubut konvensional ini sama dengan mesin bubut pada biasanya, akan tetapi untuk hasil akhirnya akan berbeda.

pengertian mesin bubut konvensional

Mesin bubut konvensional adalah sebuah perkakas yang terbuat dari logam, prinsip kerjanya sama dengan mesin bubut pada umumnya, yang membedakan adalah mesin bubut konvensional ini menghasilkan banda yang berbentuk silindris.

Untuk menjalankan mesin bubut konvensional ini dilakukan dengan cara eretan, dengan beberapa hendel yang menempel pada mesin bubut ini, karena mesin bubut ini bersifat konvensional atau sederhana jadi untuk menggunakan belum secara otomatis atau masih menggunakan tangan secara manual.

pengertian mesin bubut dan fungsinya

Dengan menggunakan mesin bubut konvensional ini kita dapat mengerjakan bermacam-macam pekerjaan yang berhubungan dengan logam seperti berikut ini.

– Melakukan pembubutan rata;

– Melakukan pembubutan bertingkat;

– Melakukan pengeboran dengan membubut dalam logam;

– Berguna untuk membuat rigi;

– Melakukan pembubutan untuk membuat ulir segi tiga luar dan dalam;

– Melakukan pembubutan untuk membuat segi enam luar dan dalam;

– Melakukan pembubutan untuk membuat tirus dan ulir tirus;

– Melakukan pembubutan untuk membuat copy;

– Melakukan pembubutan untuk membuat eksentrik;

Untuk melakukan pengerjaan pembubutan dengan mesin bubut konvensional ini harus dilakukan oleh para mekanik yang sudah ahli dalam bidangnya, seperti mekanik mesin, mekanik logam, mekanik pengelasan logam dan masih banyak lagi. Jika kita tidak ahli dalam menggunakan mesin bubut konvensional ini, maka hasil akhir yang akan didapatkan akan menjadi buruk atau tidak halus.

Jika seorang mekanik yang menerima job atau pekerjaan membubut, mereka tidak langsung melakukan pemotongan pada logam tersebut, melainkan harus mempelajari beberapa hal berikut ini.

– Mempelajari gambar kerja untuk memperoleh ukuran yang pas dan mengetahui bentuknya;

– Mengetahui tekstur dari bahan seperti keras, lunak dan sedang;

– Mengetahui kualitas bubut yang diinginkan dari pelanggan seperti kasar atau halus;

– Pahat yang cocok untuk digunakan baik bentuk ataupun dari bahannya;

– Alat bantu yang diperlukan (alat pembawa, penyangga/penyangga tetap/brill);

– Mengetahui mesin hoes bekerja tunggal ataukah ganda.

Karena mesin bubut konvensional ini masih menggunakan bantuan tangan atau secara manual, sehingga tidak banyak digunakan pada industri yang besar, namun banyak kita temui di tukang las yang berada di tepian jalan.

Nah itulah sedikit pengertian dari mesin bubut konvensional. Untuk mengetahui informasi yang lebih banyak lagi mengenai mesin bubut ini, Anda bisa mencarinya di dunia maya ataupun menanyakan ke tukang las yang berada di tepian jalan.

Demikian pengertian mesin bubut konvensional, semoga menambah wawasan Anda.

Related Post to Pengertian Mesin Bubut Konvensional dan Fungsinya

error: Content is protected !!