Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Awal Pernikahan Bersama Reksadana BCA

Mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara yang mudah sehingga Anda pun harus benar-benar memikirkannya setelah menikah. Biasanya, pasangan pengantin yang baru saja merasakan indahnya bahtera rumah tangga tidak peka akan hal ini. Mereka hanya akan memikirkan hal-hal yang manis saja. Barulah nanti ketika mereka sudah dikaruniai seorang anak, mereka akan merasakan bagaimana sulitnya berumah tangga jika tidak ada pengaturan dalam masalah keuangan. Untuk itu, tak ada salahnya Anda mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga di awal pernikahan supaya masalah keuangan tak akan Anda terlibat cekcok dengan pasangan.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Awal Pernikahan

mengatur keuangan rumah tangga

Tips mengatur keuangan rumah tangga pertama, Anda harus membiasakan untuk menabung mulai dari awal pernikahan. Bukankah setelah menikah uang Anda dan pasangan habis terkuras untuk biaya pernikahan Anda? Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang simpanan adalah dengan rajin menabung. Dengan Anda rajin menabung, maka Anda tidak akan khawatir akan kebutuhan-kebutuhan di masa mendatang. Misalnya ketika anak Anda lahir, Anda tak akan pusing memikirkan biaya persalinan atau biaya kebutuhan anak Anda.

Tips mengatur keuangan rumah tangga kedua, bicarakan masalah utang. Mungkin, tak semua pasangan pengantin memiliki utang yang harus dibayarkan. Nah, misalnya ketika Anda memiliki utang, sebaiknya Anda membicarakan utang tersebut pada pasangan di awal pernikahan. Jangan sampai utang tersebut malah memicu masalah untuk keluarga kecil Anda jika Anda bermaksud untuk membicarakannya. Saat Anda membicarakan baik-baik kepada pasangan, pastilah Anda akan menemukan solusinya. Dengan begitu, siapa tahu pasangan akan melunasinya untuk Anda. Atau, jika tidak, Anda bisa mengangsurnya setiap bulan. Yang terpenting, jujur pada pasangan ketika Anda memiliki beban hutang.

mengatur keuangan rumah tangga dengan baik

Tips mengatur keuangan rumah tangga yang ketiga adalah buatlah rincian pengeluaran keluarga. Ketika Anda memutuskan untuk menikah, pastinya pemasukan dan pengeluaran Anda akan semakin bertambah banyak. Supaya Anda bisa tahu berapa pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya, Anda bisa membuat rincian keuangan keluarga. Rincian tersebut bukan berarti Anda pelit, tetapi rincian tersebut digunakan untuk mengontrol pengeluaran keluarga. Kemana saja uang tersebut dibelanjakan, devisit atau tidak? Dengan adanya rincian, maka keuangan keluarga akan semakin sempurna. Meskipun hal tersebut kelihatannya sangat merepotkan dan meribetkan, tetapi setidaknya rincian keuangan sangat bermanfaat bagi kelangsungan rumah tangga Anda.

Tips mengatur keuangan rumah tangga yang keempat adalah dengan memprioritaskan pembelian. Mungkin, di awal pernikahan ada banyak kebutuhan yang perlu Anda dan pasangan beli. Namun, agar keuangan keluarga tetap stabil dan tidak devisit, Anda bisa memprioritaskan pembelian barang-barang yang Anda butuhkan. Jika Anda membeli kebutuhan langsung, dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi keuangan keluarga Anda. Alangkah baiknya, Anda membeli kebutuhan secara berkala supaya pemasukan dan pengeluaran keluarga tetap stabil setiap bulannya. Misalnya, ketika Anda harus memilih membeli furniture atau membayar sekolah anak, maka dahulukan kepentingan anak karena furniture bisa di beli kapanpun Anda mau.

mengatur keuangan rumah tangga dalam islam

Tips mengatur keuangan keluarga yang kelima, ikut asuransi jiwa. Mungkin, sebagian pasangan pengantin tidak memikirkan untuk membeli asuransi jiwa. Banyak diantara mereka yang masih tidak memahami manfaat tabungan masa depan tersebut. Mereka hanya berpikir bahwa asuransi jiwa hanya akan memberatkan keuangan keluarga setiap bulannya. Misalnya, ketika Anda ikut asuransi jiwa dan anak atau orang tua sakit, maka biaya rumah sakit akan ditanggung oleh pihak asuransi. Bukankah itu menguntungkan buat Anda? Jadi, ketika Anda mengikuti asuransi, Anda harus bersakit-sakit dahulu dan bersenang-senang kemudian. Semoga informasi tentang mengatur keuangan rumah tangga tersebut bermanfaat untuk Anda.

Related Post to Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Awal Pernikahan Bersama Reksadana BCA

error: Content is protected !!