Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Manfaat kurma untuk ibu hamil sudah tidak diragukan lagi kebenarannya. Salah satu buah yang menjadi buah favorit Rasulullah saw ini memang sangat baik bagi tubuh manusia karena kandungan gizinya yang luar biasa banyaknya. Buah yang memiliki rasa manis ini sangat cocok dikonsumsi untuk ibu hamil. Pada saat ibu mengandung pasti memerlukan asupan gizi yang banyak bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga untuk bayi yang dikandungnya. Tidak hanya ketika mengandung, pasca melahirkan pun yakni ketika menyusui ibu juga disarankan mengonsumsi kurma agar susu yang dihasilkan memiliki gizi yang bagus untuk pertumbuhan si buah hati. Banyak sekali manfaat yang diperoleh ketika ibu hamil dan menyusui mengonsumsi kurma. Kami akan bagikan beberapa manfaat tersebut untuk ibu.

manfaat kurma untuk ibu hamil

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Ibu hamil tidak hanya menahan berat badannya sendiri, tetapi ditambah berat badan anak dalam kandungannya. Untuk itu si ibu perlu mendapat ekstra tambahan energi untuk menjalani aktivitasnya sehari-hari. Kurma menjadi salah satu alternatif buah yang dapat ibu konsumsi untuk menambah energi. Kurma memiliki kandung glukosa tinggi yakni sekitar 50-57% dan 1,8 -2 % serat sehingga dengan cepat akan menambah energi untuk ibu hamil. Pada saat proses kelahiran juga membutuhkan energi yang besar untuk mengeluarkan si jabang bayi dari rahim. Mengonsumsi kurma secara rutin akan membuat energi ibu semakin bertambah sehingga ketika proses kelahiran, ibu akan mempunyai tenaga yang cukup. Setelah melahirkan pun ibu pasti akan merasakan kelelahan yang luar biasa, untuk itu kurma dapat menjadi jalan keluar untuk mengembalikan energi yang terbuang selama proses persalinan.

Manfaat kurma untuk ibu hamil yang lainnya adalah untuk mengecilkan rahim pasca melahirkan. Kurma yang di dalamnya terkandung hormon potuchsin akan membantu mengecilkan pembuluh darah yang terdapat dalam rahim sehingga dengan sendirinya ukuran rahim akan mengecil. Kurma juga dipercaya dapat melancarkan keluarnya air susu ibu.

Mengonsumsi kurma bagi ibu hamil memang sangat disarankan. Kurma dipercaya dapat menjaga kesehatan pencernaan bagi ibu hamil dan menyusui. Sebagaimana kandungan seratnya yang banyak membuat proses pencernaan semakin lancar. Dengan begitu proses BAB ibu juga akan lancar. Khasiat lain yang dimiliki kurma adalah mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Kandungan zat besi dan vitamin B dalam kurma akan membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil dan Menyusui Bagi Si Kecil

Manfaat buah kurma juga dapat dinikmati oleh si buah hati. Bayi yang yang disusui oleh ibu yang rutin mengonsumsi kurma akan mendapatkan gizi yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan kurma dipercaya mengandung zat antioksidan yang tinggi sehingga berguna untuk menangkal berbagai racun yang dapat membahayakan kesehatan anak. Manfaat kurma untuk buah hati yang lainnya adalah berkaitan dengan pembentukan gigi. Selain itu kesehatan mata anak juga akan terjaga.

Itulah tadi beberapa manfaat kurma untuk ibu hamil dan menyusui serta untuk anaknya. Banyaknya manfaat kurma ini membuat beberapa orang secara kreatif mengolah buah yang satu ini dalam berbagai variasi agar penikmatnya tidak merasa bosan. Ada yang dibuat dalam bentuk sari kurma, kurma coklat, dan masih banyak lagi makanan yang bisa dikombinasikan dengan kurma. Dengan begitu ibu hamil akan semakin tertarik dalam mengonsumsi buah kurma. Bagi ibu hamil sering-seringlah mengonsumsi kurma agar kesehatan Anda dan bayi Anda selalu terjamin.

Related Post to Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

error: Content is protected !!