Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang diambil dari bagian dalam pepohonan dari genus cinnamomum. Biasanya kayu manis digunakan sebagai bahan rempah makanan atau minuman yang berasa manis dan sedap. Kayu manis bukan hanya digunakan dalam masakan tradisional Indonesia, tapi juga dalam berbagai jenis masakan Internasional lainnya. Hanya saja jenis pohon yang mereka gunakan dalam membuat rempah kayu manis berbeda, tapi tetap merupakan pohon dalam genus cinnamomum. Kini kayu manis bukan hanya berbentuk seperti kayu kering yang panjang tapi juga telah diolah menjadi bubuk.

manfaat kayu manis bagi kesehatan

Rempah kayu manis ternyata bukan hanya berguna bagi bumbu masakan tapi juga memiliki nilai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat kayu manis bagi kesehatan:

–      Menurunkan kadar kolesterol jahat

Sebuah penelitian menemukan, dengan mengkonsumsi setengah sendok teh bubuk kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

  • Memiliki kandungan anti jamur dan anti infeksi

Kayu manis dapat menghadang pertumbuhan jamur akibat mengonsumsi obat-obatan. Selain itu juga kandungan anti infeksi yang terdapat dalam kayu manis dapat menghalau bakteri yang menyebabkan bisul atau borok.

–      Melancarkan peredaran darah

Selain dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang biasa menyumbat aliran darah, kayu manis juga memiliki efek anti penggumpalan darah.

–      Mengurangi pertumbuhan sel kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan departemen pertanian di Amerika Serikat menemukan bahwa kandungan yang terdapat dalam kayu manis dapat mengurangi perkembangan sel-sel kanker leukemia dan limfoma.

–      Mengendalikan kadar gula dalam darah

Kandungan dalam kayu manis memiliki efek pengendali kadar gula dalam darah sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2 dan hypoglycemica.

–      Meningkatkan fungsi otak

Kayu manis juga memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi memori dan kognitif.

–      Menghangatkan tubuh

Kayu manis memiliki efek menghangatkan tubuh. Sehingga sering digunakan dalam obat-obatan tradisional China untuk menyembuhkan demam atau flu.

–      Menambah kesuburan wanita

Dalam kayu manis terdapat senyawa kimia alami yang disebut dengan cinnamaldehyde. Senyawa ini mampu meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi hormon testosteron pada wanita, sehingga membantu menyeimbangkan hormon kesuburan pada wanita.

–      Anti bakteri

Kayu manis memiliki daya serang pada bakteri Ecoli.

–      Sumber mineral dan serat

Dalam kayu terkandung serat, kalsium, mangan dan zat besi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

–      Pengawet alami

Kayu manis adalah pengawet alami yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan pembusukan pada makanan.

–      Mengurangi nyeri pada penderita arthritis/rematik

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi setengah sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dengan satu sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan dapat mengurangi nyeri pada penderita arthritis.

Begitu banyak manfaat kayu manis bagi kesehatan. Ternyata khasiat yang terkandung di dalam tanaman ini sesuai dengan manis namanya.

Related Post to Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

error: Content is protected !!