Manfaat Kacang Hijau Untuk Diet Sehat

Manfaat kacang hijau untuk diet memang sudah terbukti, hal ini dikarenakan mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh. Kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Dan kacang hijau akan dapat dengan mudah kita temui di hampir semua kalangan masyarakat sebagai suatu makanan yang paling sering dikonsumsi. Karena kacang hijau bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat. Dalam mengolah kacang hijau ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak kehilangan manfaat serta nutrisinya. Kacang hijau termasuk golongan polong-polongan dan berbeda dengan kacang-kacangan.

khasiat kacang hijau untuk diet

Manfaat Kacang Hijau untuk Diet dengan Sehat

Manfaat kacang hijau untuk diet dapat diperoleh dengan cara kacang hijau dijadikan tepung atau yang biasa disebut dengan tepung hunkwe. Pemanfaatan tepung hunkwe biasanya digunakan dalam bahan pembuatan berbagai kue, es krim tradisional dan mie soun. Manfaat kacang hijau untuk program diet juga bias diperoleh dengan cara mengkonsumsi kecambah kacang hijau. Kacang hijau mudah berkecambah atau biasa kita kenal dengan nama tauge. Kacang hijau yang sudah dalam bentuk kecambah ini mengandung enzim-enzim salah satunya amilase, di mana manfaatnya untuk membantu metabolisme karbohidrat sehingga kacang hijau sangat baik untuk diet.

manfaat kacang hijau untuk diet

Selain gurih dan lezat, kecambah juga memiliki khasiat dan manfaat kacang hijau untuk diet. Sumber protein dari kacang hijau adalah sumber alternatif dari protein nabati yang mengandung protein yang sangat tinggi sekitar 7 gr/100 gr. Protein dalam kacang hijau memiliki asam amino yang lengkap. Asam aminonya sangat cepat diserap oleh tubuh. Kacang hijau juga memiliki kandungan serat tinggi yaitu 7,6 gr/100 gr, ini sangat mencukupi akan kebutuhan serat harian tubuh sekitar 30%. Serat tersebut sangat berguna membantu mencegah konstipasi atau sembelit dan melancarkan pencernaan. Selain itu karbohidrat dalam kacang hijau cukup rendah, sehingga kacang hijau sangat baik untuk diet.

Manfaat kacang hijau untuk diet telah terbukti karena kacang hijau memiliki kandungan protein yang sangat lengkap yang dapat membantu proses pembentukan sel-sel tubuh, seperti sel-sel organ, otot serta otak. Peran tersebut sangat berhubungan dengan manfaat perbaikan serta pertumbuhan badan. Penelitian pernah mengungkapkan bahwa defisiensi dari vitamin B menyebabkan proses pengosongan lambung serta usus lebih lambat, yang dapat mengindikasikan sulitnya proses dalam pencernaan makanan, sehingga dapat menyebabkan makanan tidak diserap secara baik.

manfaat air rebusan kacang hijau untuk diet

Untuk mendapatkan manfaat kacang hijau untuk diet, sebaiknya kacang hijau dimasak dengan cara direbus. Sebaiknya juga tidak dicampur santan demi mendapatkan manfaatnya. Agar kacang hijau lebih lunak, sebelum dimasak rendam dulu kacang hijau semalam, lalu rebus kacang hijau sampai mendidih. Diamkan beberapa saat sampai agak dingin. Lalu rebus kembali dengan api kecil.

Related Post to Manfaat Kacang Hijau Untuk Diet Sehat

error: Content is protected !!