Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Kacang hijau adalah tumbuhan yang termasuk dalam suku polong-polongan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya kacang hijau diolah menjadi berbagai aneka masakan seperti bubur kacang hijau, kue, isian roti dan lain sebagainya. Kecambah kacang hijau juga dimanfaatkan sebagai sayuran. Di Indonesia kecambah ini disebut dengan tauge yang bermanfaat meningkatkan kesuburan.

manfaat kacang hijau bagi kesehatan

Lalu apa saja manfaat dari mengonsumsi kacang hijau bagi tubuh?

Berikut ini beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

  • Pembentukkan sel-sel baru

Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang bermanfaat untuk pembentukan sel dalam tubuh.

  • Membantu program diet dan pembentukan otot

Kacang hijau memiliki kadar karbohidrat yang rendah, hanya 19gr/100gr. Sehingga bagi mereka yang sedang diet atau dalam program pembentukan otot maka kacang hijau baik untuk dikonsumsi.

  • Menambah vitalitas pria

Kacang hijau mengandung Vitamin B1 yang mampu menambah energi dan vitalitas pria.

  • Membantu pencernaan dan mencegah kanker usus

Kacang hijau kaya akan serat, sekitar 7,5gr/100gr. Kandungan serat yang terdapat dalam kacang hijau mampu mencukupi kebutuhan serat harian Anda. Serat yang terkandung pada kacang hijau dapat membantu usus membersihkan zat-zat beracun sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kanker usus.

  • Sebagai antioksidan

Kecambah kacang hijau mengandung fitosterol yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga mampu mencegah kanker dan penuaan dini.

  • Menurunkan kolesterol jahat dalam darah

Kacang hijau mengandung omega 3, sekitar 0,9mg/100gr dan omega 6, sekitar 119mg/100gr. Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh.

  • Menguatkan tulang dan gigi

Kacang hijau kaya akan mineral. Di dalam kacang hijau terdapat berbagai mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium, potasium, fosfor, magnesium, zinc, zat besi dan mangan. Kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat dalam kacang hijau bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

  • Memperlancar proses metabolisme tubuh

Berbagai kandungan vitamin dan asam folat yang terdapat pada kacang hijau dapat membantu memperlancar metabolism dalam tubuh serta mampu menambah energi.

Agar manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh bisa didapat secara optimal, maka Anda harus memperhatikan cara pengolahan kacang hijau. Sehingga kandungan gizi yang terdapat di dalamnya tidak hilang begitu saja. Jika Anda mengonsumsi kacang hijau dalam bentuk bubur, maka sajikan kacang hijau dengan cara direbus tanpa ditambah santan. Kandungan santan memiliki kadar lemak yang sangat tinggi sehingga akan merubah manfaat dari kacang hijau yang rendah akan lemak. Makanlah kacang hijau dan air rebusan agar semua kandungan nutrisi bisa didapatkan. Biasanya membutukan waktu lama untuk kacang hijau menjadi lunak. Oleh karena itu rendamlah kacang hijau semalaman sebelum mengolahnya.

Related Post to Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

error: Content is protected !!