Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil

Di artikel kali ini kami akan mencoba untuk menambah wawasan bagi para ibu hamil tentang manfaat buah sirsak untuk ibu hamil. Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengenal sedikit sejarah atau asal-usul buah sirsak tersebut.

Sirsak? Siapa sih yang tidak mengenal buah yang satu ini? Buah yang mudah tumbuh di wilayah tropis Indonesia ini merupakan satu dari sekian banyak buah yang memiliki banyak manfaat. Buah sirsak merupakan keluarga dekat srikaya (Ananona Squamosal Linn) dan memiliki nama latin Anona MuricataLinn. Tanaman yang berasal dari Amerika (sekitar wilayah Meksiko, Argentina dan Peru) ini sangat populer berkat khasiat daunnya. Walaupun khasiat dari buahnya juga tak kalah banyak. Di Indonesia sendiri nama Sirsak berasal dari kata ZuurZak (bahasa Belanda) yang artinya kantong yang rasanya asam. Sampai saat ini pun sebagian masyarakat kita masih sering menyebut sirsak dengan nama “nangka Belanda”.

manfaat buah sirsak untuk ibu hamil

Lalu, apakah manfat buah sirsak untuk ibu hamil? Buah sirsak memiliki banyak kandungan zat gizi yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Yang paling dominan adalah kandungan karbohidrat. Gula pereduksi atau dengan nama lain glukosa dan fruktosa merupakan salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak dengan kadar 82-94 persen dari kandungan gula total.

Buah sirsak juga dapat dijadikan pilihan pemenuhan nutrisi selama hamil terutama untuk pemenuhan vitamin C dan asam folat. Vitamin C merupakan vitamin yang paling dominan yang terdapat pada buah sirsak. Ada sekitar 20 mg vitamin C di setiap 100 gram daging buah sirsak. Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh guna meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya ibu hamil, orang biasa pun tetap memerlukan vitamin C untuk menjaga ketahanan tubuhnya. Sedangkan fungsi dari asam folat yang pernah juga dijelaskan di artikel kami yang lain yaitu untuk menghindari terjadinya beberapa gangguan kehamilan yang mengancam keselamatan janin dan ibunya.

manfaat buah sirsak untuk ibu hamil muda

Sedangkan fungsi dari asam folat yang pernah juga dijelaskan di artikel kami yang lain yaitu untuk menghindari terjadinya beberapa gangguan kehamilan yang mengancam keselamatan janin dan ibunya.

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil memang sangat banyak, tapi harus sesuai dengan petunjuk dokter atau ahli kesehatan. Mengkonsumsi buah sirsak terlalu banyak atau berlebihan bisa membahayakan ibu hamil dan jabang bayinya karena bisa menyebabkan muntah serta menekan sistem kardiovaskular.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

khasiat buah sirsat untuk ibu hamil

Selain itu secara umum buah sirsak juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jika bagi Ibu hamil saja buah ini memiliki banyak manfaat, tentu bagi kesehatan manusia pada umumnya juga sangat banyak. Berikut ini beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan :

  1. Meningkatkan Energi

Aroma segar yang dihasilkan buah sirsak membuat “mood” kembali baik. Ini dikarenakan buah sirsak juga mengadung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi.

 

  1. Mencegah Kanker

Ada satu kandungan di dalam buah sirsak yang dinamakan AnnonaceousAcetogenins yang merupakan senyawa fitokimia yang letaknya berada pada biji buah sirsak. Nah, zat yang disebut Annonaceous Acetogenins ini memiliki kemampuan untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai jenis bakteri dan virus. Bahkan zat Annonaceous Acetogenins ini telah diteliti untuk memastikan bahwa memang zat ini mampu untuk memerangi sel-sel jahat yang ada di dalam tubuh.

 

  1. Melancarkan Buang Air Kecil
    Disamping mampu menyembuhkan penyakit haematuria (penyakit yang disebabkan bercampurnya kandungan sel darah putih pada urin), dan termasuk penyakit hati ringan, ternyata buah sirsak dapat dijadikan obat alternatif yang alami yang bisa diandalkan untuk Anda yang sering sakit ketika mengalami buang air kecil.

 

  1. Mencegah Anemia
    Dalam buah sirsak terdapat kandungan zat besi yang dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja. Terutama pada ibu hamil yang lebih rentan terhadap anemia.

 

Nah, setelah kita membaca pemaparan di atas tentu kita sudah memahami bahwa manfaat buah sirsak untuk ibu hamil cukup banyak. Tidak hanya untuk ibu hamil, tapi juga untuk umumnya manusia. Dan kami berharap artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian.

Related Post to Manfaat Buah Sirsak Untuk Ibu Hamil

error: Content is protected !!