Manfaat Blewah Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Blewah atau dalam bahasa Latin dikenal dengan Cucumis Melo L. merupakan buah yang banyak dijadikan sebagai campuran minuman segar saat berbuka puasa. Tumbuhan buah yang tergolong dalam kelompok Cantalupensis ini banyak dijadikan minuman segar karena memang buah ini banyak sekali mengandung air. Kandungan gizi dalam buah blewah juga sangat banyak sehingga manfaat blewah untuk kesehatan tubuh kita, harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Kandungan Nutrisi yang Terdapat Pada Blewah

Di dalam semangkuk buah blewah, banyak mengandung beta karoten sebanyak 3,1 mg, vitamin C 68 mg, serat sebanyak 1,3 mg, karbohidrat 13 mg, sodium 14 mg, dan potassium 494 mg. Blewah juga mengandung protein, fosfor, zat besi, kalsium, niasin, serta lemak tidak jenuh. Menurut The Journal of Food Science, di dalam 100 gram blewah mengandung magnesium 12,69 miligram, tembaga sebnyak 0,05 miligram, mangan 0,03 miligram, cobalt 0,003 miligram, krom sebanyak 0,005 miligram, seng 0,2 miligram, Vitamin A 3382IU, Vitamin C 36,7 miligram, Mineral Kalium 267 miligram, serta Folat sebanyak 21 mcg.

manfaat blewah untuk kesehatan

Kandungan beta karoten dalam blewah juga bagus untuk menangkal masuknya radikal bebas, sehingga bias melindungi organ tubuh bagian dalam seperti jantung dan menurunkan risiko penyakit kanker. Oleh sebab itu, bagus untuk mengonsumsi blewah secara rutin. Vitamin C yang terkandung di dalam blewah bagus untuk sumber antioksidan, juga bisa bermanfaat mencegah terkena penyakit jantung, serta baik juga untuk kesehatan paru-paru dan pembuluh darah.

Manfaat Blewah untuk Kesehatan Kita

Ada beberapa manfaat blewah untuk kesehatan yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Menurunkan Berat Badan

Khasiat blewah untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mampu menurunkan berat badan. Dikarenakan blewah mengandung sedikit gula dan kalori.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan yang terdapat dalam blewah seperti vitamin C, kalium, dan potassium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengendalikannya agar tetap normal. Karena blewah tidak mengandung kolesterol, maka buah ini aman dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah blewah aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi, karena kandungan vitamin C nya yang tinggi dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah serta mencegah pembekuan darah dan menguatkan dinding kapiler.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Seperti telah diketahui, kandungan vitamin C yang tinggi dalam blewah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga mampu mencegah timbulnya penyakit jantung. Kandungan beta karoten dalam blewah juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Mencegah Risiko Penyakit Kanker

Kandungan gizi buah blewah seperti asam folat, betakaroten, dan vitamin C, dipercaya dapat mencegah risiko terkena penyakit kanker. Karena itu mengonsumsi blewah secara rutin sangat baik untuk mencegah kanker.

  1. Mengatasi Insomnia

Blewah bersifat sedatif yang mampu menanggulangi masalah insomnia. Karena itu mengonsumsi blewah sangat baik bagi penderita insomnia sebagai pengganti obat tidur.

  1. Mengatasi Maag

Blewah dapat mengatasi masalah maag atau gangguan pencernaan. Cara mengonsumsi blewah bagi penderita maag sebaiknya dibuat jus agar mudah dicerna dan diserap tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A pada blewah sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Karena mata mempunyai peran yang sangat vital dalam kehidupan, maka kita harus menjaganya dengan baik.

  1. Memelihara Kesehatan Kulit

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan rentan terkena polusi secara langsung yang akan berakibat pada gangguan kulit seperti kulit kering dan penuaan dini. Oleh karena itu, mengonsumsi blewah secara rutin sangat baik bagi kesehatan kulit karena kandungan vitamin C, A dan E mampu menangkal radikal bebas yang akan mengganggu kesehatan kulit.

  1. Menyehatkan Janin

Manfaat blewah buat kesehatan lainnya adalah menjaga ibu hamil dan janinnya, karena kandungan asam folat dalam blewah berguna untuk memproduksi dan menjaga sel-sel baru dalam tubuh.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan vitamin A dan serat yang tinggi dalam blewah mampu menjaga kesehatan saluran urin dan melancarkan sistem pencernaan.

  1. Diet yang sehat

Blewah memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah sehingga sangant baik bagi Anda yang ingin melakukan diet secara alami.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Blewah mengandung kalium yang bagus guna menurunkan tekanan darah. Bagi penderita tekanan darah tinggi, sebaiknya mengonsumsi blewah secara rutin.

  1. Mengatasi Batu ginjal

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata blewah juga bagus untuk mengurangi risiko tulang keropos dan batu ginjal.

  1. Mencegah Asam urat

Blewah memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat mencegah risiko terkena asam urat. Fruktosa dan glukosa dalam blewah juga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes karena merupakan gula alami yang baik bagi kesehatan.

Demikian manfaat blewah untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda akan merasakan manfaatnya secara langsung. Semoga bermanfaat informasi ini.

Related Post to Manfaat Blewah Untuk Kesehatan Tubuh Kita

error: Content is protected !!