Manfaat Blewah untuk Ibu Hamil dan Janin yang Dikandungnya

Memasuki bulan Ramadhan, blewah menjadi salah satu jenis buah yang banyak diburu untuk berbuka puasa. Blewah yang masih satu golongan dengan semangka, dapat digunakan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Hal disebabkan karena blewah banyak mengandung air di dalamnya. Dengan alasan itulah, maka tak heran bila blewah banyak dipilih sebagai buah-buahan favorit saat berbuka puasa. Blewah enak juga dimakan secara langsung, tetapi banyak orang yang mengonsumsinya dengan dicampur es dan juga kolang-kaling, serta buah-buahan lainnya. Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai apa saja manfaat blewah untuk ibu hamil, ada baiknya kita ketahui dahulu kandungan nutrisi yang ada dalam blewah ini.

manfaat blewah untuk ibu hamil

Kandungan Vitamin Pada Blewah

Blewah banyak mengandung nutrisi sehat seperti kalori, karbohidrat, vitamin A, air yang tinggi, kalium, serat, mineral, pro vitamin A,  vitamin C, vitamin B6, serta energi. Karena kandungan airnya yang banyak, tak heran jika blewah menjadi salah satu buah yang menyegarkan dan bagus buat kesehatan. Dengan bermacam manfaatnya yang bagus bagi kesehatan, blewah juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu hamil memang memerlukan asupan gizi dan vitamin untuk mencukupi kebutuhan tubuhnya sendiri serta untuk janin yang dia kandung.

Adapun manfaat blewah untuk ibu hamil bagus untuk dikonsumsi, karena:

  1. Banyak mengandung asam folat

Manfaat asam folat baik untuk ibu hamil karena merupakan salah satu vitamin yang begitu diperlukan saat hamil. Mengonsumsi asam folat dapat membantu ibu agar terhindar dari resiko cacat kelahiran. Asam folat juga berperan penting dalam memproduksi sel-sel baru dan menjaga kesehatan ibu dan janin. Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Manfaat asam folat untuk ibu hamil yaitu:

  • Dapat membantu menghasilkan eritrosit yang berperan dalam penyusunan sumsum otak tulang belakang dan perkembangan otak bayi.
  • Dapat mengurangi risiko keguguran.
  • Dapat melonjakkan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari anemia, muda terserang sakit, rasa lelah, dan lain-lain.
  • Dapat mencegah terjadinya kerusakan otak bayi.
  • Dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.
  • Dapat mencegah depresi, stres, dan rasa cemas yang berlebih pada ibu hamil.
  • Baik untuk pertumbungan bayi.
  • Dapat membantu pembentukan jaringan tubuh bayi

Dengan melihat banyaknya manfaat asam folat untuk ibu hamil di atas, tentunya merupakan keharusan untuk mencukupi vitamin yang satu ini. Selain di blewah, asam folat juga dapat dijumpai jenis buah lainnya serta sayuran lain seperti sayur bayam, alpukat, tauge, pisang, melon dan lain sebagainya.

  1. Mengurangi resiko terkena anemia

Bagi ibu hamil, anemia dapat menyebabkan rasa lemas dan mudah lelah sehingga tak bagus untuk kesehatannya sehari-hari. Dengan kandungan vitamin C di dalam buah blewah, akan membantu penyerapan zat besi bagi ibu hamil dalam tubuh, sehingga dapat membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

  1. Antioksidan yang bagus untuk tubuh

Kandungan vitamin A blewah dan juga beta karoten, dapat mencegah masuknya radikal bebas di dalam tubuh. Selain dapat menimbulkan penyakit, radikal bebas juga dapat menjadi penyebab terjadinya penuaan dini serta risiko terjangkitnya penyakit kanker. Selain itu, blewah juga mengandung banyak vitamin C yang dapat diandalkan sebagai antibodi untuk tubuh dan dapat pula digunakan untuk melawan berkembangnya bibit kanker di dalam tubuh.

  1. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi saat kehamilan menjadi masalah yang cukup serius bagi ibu hamil. Manfaat blewah untuk ibu hamil dikarenakan mempunyai kandungan potasium yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah dan mengendalikannya. Oleh karena itu, buah yang bentuknya mirip dengan melon ini, sering dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit hipertensi.

Hal yang wajib diperhatikan saat mengonsumsi buah blewah yaitu dengan cara memotong-motongnya terlebih dahulu. Jika hal ini tidak dilakukan, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Blewah yang tidak dipotong dan dicuci hingga bersih, bisa menyebabkan seseorang terkena masalah pencernaan karena adanya bakteri Salmonella tipe Poona dan Saphra yang menempel pada blewah.

Demikian artikel manfaat blewah untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya, semoga bermanfaat bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan.

Related Post to Manfaat Blewah untuk Ibu Hamil dan Janin yang Dikandungnya

error: Content is protected !!