Makanan Yg Dilarang Untuk Ibu Hamil

Seorang ibu hamil perlu memiliki pemahaman tentang mana makanan yang boleh dimakan serta manakah makanan yg dilarang untuk ibu hamil. Hindarilah makanan yang banyak tambahan perasa dan pewarna makanan, contoh jenis makanan tersebut ialah seperti makanan cepat saji atau biasa disebut fast food atau junk food yang anehnya jenis makanan ini semakin menjadi trend. Dan jika anda terpaksa ingin mengkonsumsi makanan seperti itu, cobalah untuk tidak berlebihan dan bertindak lebih bijak demi kesehatan Anda dan kandungan Anda.

Adapun efek samping yang biasa dirasakan oleh ibu hamil dari bahan perasa dan pewarna tersebut yaitu pusing, sakit perut dan mual-mual. Dan untuk memperluas wawasan sebagai ibu hamil, berikut kami paparkan tentang jenis makanan yg dilarang untuk ibu hamil.

Apa Saja Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil?

Makanan-makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil adalah makanan-makanan yang mengandung beberapa zat berlebihan di bawah ini.

  1. Gula dan Lemak

Gula dan lemak merupakan makanan yang tinggi kalori yang tidak baik dikonsumsi di masa-masa kehamilan, di antaranya makanan tersebut antara lain: minuman ringan bersoda, keripik kentang dan popcorn. Makanan ini bukan asupan bergizi buat ibu hamil.

makanan yg dilarang untuk ibu hamil

Bila masih ingin merasakan makanan cepat saji, makanan-makanan di atas bisa diubah dengan kreatifitas sendiri isinya agar lebih bergizi untuk ibu hamil. Makanan tersebut bisa diganti dengan sandwich isi sayur atau telur, makanan yang sebelumnya dapat menimbulkan overwight dan pemicu diabetes bagi wanita yang memiliki riwayat diabetes namun bisa lebih sehat dengan adanya inovasi seperti itu.

  1. Garam atau MSG

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi atau MSG yang dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah yang tinggi dan memicu pre-eklampsia. Dan lagi, makanan-makanan tersebut adalah makanan cepat saji (junk food) yang sangat rentan untuk kesehatan ibu dan janin.

makanan yg dilarang untuk ibu hamil muda

Termasuk terhadap makanan-makanan yang dijual di pinggir jalan harus diperhatikan lebih seksama tentang kebersihannya jika untuk diberikan kepada ibu hamil.

  1. Alkohol dan Merokok

Untuk ibu hamil sangat wajib menjauhi mengkonsumsi alkohol dan merokok. Alkohol dapat mengakibatkan sang jabang bayi terlahir dengan wajah cacat, IQ menjadi rendah,keterbelakangan mental dengan perilaku anak yang agresif. Dan merokok bisa mengakibatkan kelahiran prematur atau bahkan bisa terjadi keguguran.

  1. Minum Obat Tanpa Resep Dokter

Bagi ibu hamil janganlah minum obat sembarangan dan tanpa resep dokter. Kenali dahulu penyakit Anda sesuai dengan hasil diagnosa dokter kandungan maupun bidan. Jangan sekali-kali mengkonsumsi nanas muda, pepaya muda dan pare dengan cara berlebihan karena makanan tersebut dapat mengakibatkan keguguran.

makanan yg dilarang untuk ibu hamil trimester pertama

Cintailah janin Anda dengan memperhatikan kesehatannya, jangan mengikuti hawa nafsu yang berakibat fatal pada janin Anda di kemudian hari.

  1. Makanan Mentah

Makanan lainnya yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan bagi ibu hamil adalah jenis makanan yang masih mentah atau belum dimasak, sebab makanan mentah sangat beresiko menimbulkan berbagai macam bibit penyakit. Perlu diperhatikan buat ibu hamil bahwa makanan mentah mengandung bakteri dan mikroorganisme yang sangat berbahaya.

Demikianlah beberapa tips seputar makanan yg dilarang untuk ibu hamil semoga dapat memberi pengetahuan bagi ibu pada masa kehamilan yang puncaknya kita semua berharap Anda atau wanita mana saja dapat melahirkan anak-anak yang sehat dan cerdas sebagai bakal generasi bangsa yang unggul.

Related Post to Makanan Yg Dilarang Untuk Ibu Hamil

error: Content is protected !!