Kanker Otak Stadium 1 – Tahapan Gejala Pada Kanker Otak

Penyakit memang tidak mengenal usia. Baik muda ataupun tua tentu saja rentan terhadap berbagai penyakit. Namun jika sama halnya dengan penyakit ringan seperti flu saja, tentunya tidak akan banyak orang yang akan terancam jiwanya. Hal tersebut berlainan ketika seseorang terancam oleh penyakit mematikan. Sebut saja kanker otak. Penyakit ini juga tidak mengenal batasan umur seseorang. Di Indonesia banyak masyarakat yang mengidap penyakit ini, mulai dari bayi hingga orang lanjut usia pun banyak mengalaminya.

kanker otak stadium 1

Gejala Kanker Otak Stadium 1, 2, 3, dan 4

Berdasarkan pencatatan yang telah di lakukan oleh Dinas kesehatan, menyatakan jika di Indonesia telah terdapat 1200 kasus setiap tahunnya tentunya angka tersebut menunjukkan tingginya penderita kanker otak. Kanker otak merupakan penyakit genetik seperti penyakit yang bisa menyebabkan tumor yang berada di saraf. Penyakit kanker memang sering di tandai dengan stadium. Di mana istilah tersebut biasanya di awali dengan stadium 1 hingga stadium akhir yaitu satadium 4 yang menunjukkan seberapa parah sel kanker menyerang bagian organ tertentu.

Kanker Otak Stadium 1 pada umumnya tidak terdeteksi atau tidak di rasakan oleh penderitanya. Pada stadium ini memang tidak bisa di pastikan terdapat gejala yang begitu jelas. Dengan demikian banyak penderita kanker pada tahap ini sangat jarang ditemukan. Biasanya penderita kanker pada tahap awal ini hanya merasa sering sakit kepala yang hebat. Namun dikarenakan penderita belum menyadarinya hal tersebut merupakan tanda kanker otak sehingga mereka tidak melakukan pengobatan kanker otak stadium 1.

Pada tahap selanjutnya yaitu pada kanker otak stadium 2, ini sudah mulai bisa dicurigai. Penderita biasanya akan sangat merasa kelelahan walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal tersebut disebabkan oleh pasokan oksigen ke otak tidak berjalan dengan lancar. Dengan demikian badan penderita merasa sangat letih atau kelelahan. Akibat kondisi tersebut bisa dipastikan penderita akan sering mengalami pingsan.

Akan lebih sulit ditangani dan diobati dengan tepat, jika seseorang mulai didiagnosa mengidap penyakit kanker otak ini pada stadium 3. Biasanya penderita sudah sangat merasa kewalahan dengan rasa sakit yang mirip dengan sakit kepala, namun intensitas dan rasa nyerinya begitu hebat. Sakit kepala tidak hanya menjadi gejala kanker otak stadium 3, namun seseorang juga bisa mengalami mimisan yang tanpa disadari oleh penderita. Darah tiba-tiba mengalir keluar dari hidung begitu saja. Biasanya hal tersebut terjadi ketika otak dipaksa untuk memikirkan masalah atau sesuatu yang dinilai terlalu berat. Selain itu pada tahap ini penderita juga akan sering terjatuh karena kontrol dari otak terhadap kaki dan tangan berkurang. Dengan demikian keseimbangan tubuh menjadi terganggu. Mengingat sel kanker menyerang otak yang merupakan pusat pengendalian tubuh.

Yang menjadi akhir dari stadium kanker otak ini adalah stadium 4. Jika penderita mulai masuk pada tahap ini bisa dikatakan bahwa hidupnya akan menjadi sangat sulit. Mengapa demikian? Sel kanker biasanya mulai menyerang indra tubuh penderita. Salah satunya adalah indra penglihatan yang menjadi terganggu. Objek yang dilihatnya menjadi kabur atau bahkan menjadi terlihat seperti ada dua. Selain indra penglihatan, indra pendengaran pun juga akan terganggu. Salah satu pengobatan yang bisa mengupayakan melemahkan kanker tersebut hanyalah kemoterapi. Jika tidak penderita akan mengalami kebutaan, tuli, dan lumpuh secara permanen. Nah untuk itulah sejak mencurigai adanya gejala Kanker Otak Stadium 1 segera berkonsultasi dengan dokter dan di lanjutkan pemeriksaan lebih lanjut.

Related Post to Kanker Otak Stadium 1 – Tahapan Gejala Pada Kanker Otak

error: Content is protected !!