Jenis Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Di artikel kami yang lain kami telah menyampaikan informasi tentang buah yang bagus untuk ibu hamil. Dan pada artikel kali ini kami akan menyampaikan informasi kebalikannya, yaitu mengenai buah yang dilarang untuk ibu hamil. Tentunya wawasan ini sangat perlu untuk dipahami khususnya untuk ibu hamil agar tetap sehat dan bugar dalam menjalani masa kehamilan.

Kehamilan merupakan masa yang tidak mudah bagi seorang wanita dan juga janin yang ada dalam kandungannya. Selain harus menjaga dan ekstra membatasi aktivitas sehari-hari, ibu yang sedang dalam masa kehamilan juga wajib untuk meneliti gizi dari makanan ataupun buah dalam pola makan harian mereka.

Saat masa kehamilan, sistem kekebalan tubuh seorang ibu hamil sangat berpengaruh terhadap perkembangan kandungannya. Hal ini perlu dijaga dan dikontrol dengan penuh perhatian. Termasuk pengontrolan asupan gizi dari sumber makanan, minuman, termasuk juga buah-buahan. Dan adapun yang perlu kami tegaskan di sini adalah tentang adanya buah-buahan tertentu yang wajib dihindari selama masa kehamilan. Mencegah lebih baik daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan untuk bayi Anda, bukan? Dengan demikian mari kita lanjutkan membaca tentang mana saja buah yang dilarang untuk ibu hamil selama kehamilan.

Buah yang Dilarang untuk Ibu Hamil Selama Masa Kehamilan

Ibu yang sedang hamil memang sebaiknya dirutinkan untuk mengkonsumsi buah sebagai tambahan asupan nutrisi penting. Banyak buah yang memang baik untuk ibu hamil konsumsi selama masa kehamilan, selain membantu mencukupi nutrisi buat si calon bayi, juga untuk meringankan morning sickness serta baik untuk pencernaan ibu. Tapi tahukah Anda bahwa ada buah-buahan tertentu yang mesti dihindari bagi wanita hamil.

Berikut adalah beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil :

  • Buah Durian

Buah durian pada dasarnya kaya vitamin dan mineral, namun buah durian mengandung gas panas saat berada di dalam perut. Di sisi lain durian juga diduga mengandung kadar alkohol. Jangankan ibu hamil, umumnya orang yang makan durian akan pusing bila terlalu banyak makan durian, kemungkinan hal ini karena efek kandungan alkohol yang menjadi penyebab pusing tersebut.
buah yang dilarang untuk ibu hamil

Selain itu, buah ini mengandung asam arachidonat, yaitu suatu senyawa kimia pencetus pembentukan prostaglandin. Prostaglandin merupakan senyawa yang dapat merangsang kontraksi rahim, pada akhirnya dapat berakibat keguguran utamanya pada trimester pertama. Kemungkinan lainnya adalah kelahiran prematur pada kehamilan di bawah 36 minggu.

Alkohol juga merupakan zat yang sangat diwanti-wanti oleh dokter agar sepenuhnya dihindari selama hamil. Walaupun hal ini masih banyak perdebatan, akan tetapi sebaiknya Anda jangan mau ambil resiko jika masih banyak buah lain yang lebih sehat untuk dikonsumsi saat masa hamil.

  • Buah Pepaya Mentah atau Setengah Matang

Buah pepaya mentah dapat mengakibatkan keguguran. Penyebabnya adalah lateks (getah) yang terkandung dalam pepaya yang mentah atau setengah matang, buah ini dikenal mampu memicu kontraksi rahim. Ibu hamil mesti menghindari ini di usia tri semester pertama dan tri semester menjelang melahirkan. Berbeda dengan pepaya yang matang, buah pepaya yang matang kaya vitamin C, mineral, serat serta banyak lagi nutrisi sehat lainnya yang bisa mencegah timbulnya gejala kehamilan seperti mulas dan sembelit.
buahan yang dilarang untuk ibu hamil

  • Buah Nanas

Nanas adalah buah yang termasuk harus dibatasi bahkan kalau perlu dihindari oleh wanita hamil. Nanas kaya akan zat yang disebut bromelain, yaitu yang dapat menyebabkan pelunakan pada leher rahim yang mengarah ke persalinan dini (prematur). Wanita hamil yang makan buah nanas dalam jumlah sedang dan sering bisa berpengaruh pada persalinan, terutama selama trimester pertama untuk menghindari kejadian seperti pelunakan leher rahim. Ibu hamil bisa mengganti nanas dengan buah lainnya yang lebih aman dan paling bernutrisi.

buah yang dilarang untuk wanita hamil

Itulah daftar buah yang dilarang untuk ibu hamil yang dapat kami informasikan kepada Anda. Jika ibu hamil sayang akan kesehatan diri dan janinnya, sangat disarankan untuk menghindari atau jangan mengkonsumsi buah-buahan yang telah dijelaskan di atas.

Related Post to Jenis Buah Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

error: Content is protected !!