Ikan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Yang Mudah Diperoleh

Ikan yang baik untuk ibu hamil selayaknya diketahui oleh para ibu hamil maupun menyusui karena seorang ibu hamil memang sebaiknya tercukupi kebutuhan gizi selama masa kehamilan maupun saat menyusui. Dan gizi yang diperlukan tersebut bisa tercukupi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan gizi baik. Di antaranya adalah dengan mengonsumsi ikan. Apalagi jenis ikan laut yang mengandung banyak sekali protein serta nutrisi, seperti Vitamin D dan Kolin. Selain itu dalam ikan juga terkandung mineral seperti besi, yodium, tembaga, seng serta selenium. Dan yang paling penting, jenis ikan apalagi ikan laut banyak mengandung asam lemak omega 3.

ikan yang baik untuk ibu hamil

Beberapa ikan yang baik untuk ibu hamil muda dapat dengan mudah dijumpai di pasaran, baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Beberapa jenis ikan baik ikan air tawar maupun ikan air laut mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan ibu hamil maupun ibu menyusui karena beberapa kandungan yang terkandung dalam ikan tersebut misalnya seperti omega 3 yang akan sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan menyusui karena akan sangat membantu perkembangan otak dan mental anak nantinya.

Beberapa Makanan Air Laut Serta Ikan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Ikan yang baik untuk ibu hamil yang berasal dari laut salah satunya adalah ikan yang banyak mengandung minyak seperti ikan makarel, ikan sarden, ikan herring, ikan tuna segar, ikan teri, ikan asin, ikan kippers, ikan salmon dan ikan pilchards yang mana beberapa jenis ikan air laut tersebut sangat baik dikonsumsi ibu hamil maupun menyusui karena beberapa jenis ikan air laut tersebut banyak mengandung lemak esensial sehingga dapat dijadikan sumber lemak esensial yang mana lemak esensial tersebut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Ikan laut juga banyak mengandung vitamin maupun mineral penting seperti asam lemak omega 3 dan kalsium.

Makanan laut serta ikan yang sangat baik untuk ibu hamil yang lain adalah ikan yang diasap. Karena ikan yang diasap terdapat banyak kandungan nutrisi yang sangat penting bagi ibu hamil. Misalnya seperti vitamin A, Vitamin D dan Protein. Di mana Vitamin A dan Vitamin D bisa didapat dalam minyak hati ikan. Ikan yang diasap juga banyak mengandung mineral penting seperti zat besi, fosfor, kalium, seng, yodium, selenium serta asam lemak omega 3. Selain itu ikan yang diasap juga banyak mengandung Vitamin B kompleks terutama B12 dan B6 serta niasin.

Selain Ikan Yang Baik Bagi Ibu Hamil Ada Juga Ikan Yang Berbahaya

Selain ikan yang baik bagi ibu hamil ada juga beberapa jenis ikan yang sangat berbahaya bagi ibu hamil, misalnya seperti ikan yang mengandung merkuri. Ikan marlin dan ikan pedang biasanya banyak terkontaminasi metil merkuri sehingga sebaiknya dihindari oleh ibu hamil maupun menyusui. Selain itu beberapa jenis ikan air laut juga banyak mengandung bakteri listeria yang dapat menyebabkan listeriosis yang artinya suatu kondisi yang sangat berbahaya bagi kehamilan.

Banyak memang ikan yang baik untuk ibu hamil, namun yang harus diperhatikan adalah cara mengonsumsinya. Seorang wanita hamil sebaiknya hindari mengonsumsi ikan laut mentah atau tanpa melalui proses dimasak sebelum dikonsumsi. Karena jika mengonsumsi ikan mentah dapat menyebabkan keracunan karena ikan laut mentah terdapat bakteri berbahaya, virus maupun parasit seperti cacing pita, salmonella dan beberapa kandungan berbahaya yang lainnya.

Related Post to Ikan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Yang Mudah Diperoleh

error: Content is protected !!