Daftar Makanan yg Baik Untuk Ibu Hamil

Disaat-saat ibu sedang dalam masa kehamilan, maka hal penting yang harus diperhatikan adalah mengkonsumsi makanan yang baik dan bergizi. Apalagi yang baru menjalani usia kandungan 1 atau 2 bulan. Mengapa disaat-saat itu makanan yg baik untuk ibu hamil perlu diberikan? Hal itu disebabkan janin dalam kandungan mulai tumbuh dan saat itulah ia memerlukan nutrisi agar otak dan organ tubuh yang lain dapat berkembang dengan baik.

Mengenai tentang asupan gizi, saat ini banyak ibu hamil yang salah kaprah tentang makanan sehat tersebut, mereka masih banyak yang percaya dengan berbagai mitos bahwa ibu hamil harus mengkonsumsi makanan 2 kali lebih banyak dari biasanya. Dan lucunya lagi, beberapa mitos tersebut dipercaya oleh banyak ibu di Indonesia. Lalu benarkah apa yang dikatakan mitos tersebut? Jawabannya sudah pasti salah. Yang tepat bukanlah 2 kali lebih banyak, melainkan 2 kali lebih bergizi.

Jika ibu hamil makan terlalu banyak dan melewati porsi aslinya, maka yang akan terjadi adalah kalori yang ada dalam tubuh akan meningkat. Dan hasilnya, obesitas tak lagi dapat terhindari. Perlu diketahui lebih lanjut lagi bahwa ibu hamil yang memiliki tubuh gemuk belum tentu pula nanti akan melahirkan anak yang gemuk. Dan pada akhirnya, Anda sendiri yang akan mengalami kesulitan disaat ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan nantinya.

Setelah memahami beberapa hal tersebut di atas, maka muncullah pertanyaan tentang bagaimanakah cara mendapatkan makanan yg baik untuk ibu hamil? Caranya mudah, yaitu sebagai ibu yang sedang hamil harus memahami nutrisi dan gizi yang diperlukan saat sedang hamil. Kemudian ibu hamil harus rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang sesuai dengan tahap tumbuh-kembang janin. Perlunya hal ini dilakukan supaya asupan gizi ibu hamil tidak salah sasaran. Dan di bawah ini kami rangkum beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam masa kehamilan.

Beberapa Macam Makanan yg Baik untuk Ibu Hamil

Di bawah ini terdapat beberapa jenis makanan yg baik untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Sayuran Daun Hijau Tua

Sayuran dengan daun yang berwarna hijau tua sangatlah baik sebagai makanan yg baik untuk ibu hamil. Contoh sayuran yang dimaksud misalnya seperti brokoli dan bayam. Sayur-sayuran dengan daun berwarna hijau tua mengandung banyak vitamin A, vitamin C, vitamin K (koagulasi), serta asam folat. Tidak hanya baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin, tapi secara umum sayuran dengan daun berwarna hijau tua juga baik untuk kesehatan mata kita.
makanan yg baik untuk ibu hamil

  • Telur

Demikian juga telur terdapat gizi yang baik untuk ibu hamil. Terdapat 12 vitamin, kolin, mineral, serta protein berkualitas di dalam telur. Janin sangat membutuhkan protein untuk pembentukan sel-sel tubuh.
makanan yg baik untuk ibu hamil muda

  • Kacang-kacangan

Kandungan serat dan protein dalam kacang-kacangan memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya sembelit dan wasir. Karena wanita hamil begitu rentan dengan penyakit ini. Selain itu pula biji yang terdapat dalam kacang –kacangan mengandung banyak zat besi dan kalsium yang dapat menghindarkan ibu hamil dari anemia dan membantu memperkuat pembentukan tulang dan gigi bagi janin.

makanan yg baik untuk ibu hamil 3 bulan

  • Sayuran Berwarna-warni dan Buah

Buah-buahan maupun sayur-sayuran yang berwarna-warni juga baik untuk ibu hamil. Buah dan sayur yang berwarna-warni itu mengandung gizi di antaranya mineral, vitamin, dan antioksidan.

Demikianlah beberapa informasi tentang makanan yg baik untuk ibu hamil. Semoga informasi ini bermanfaat, terutama untuk ibu yang sedang bingung mencari informasi makanan manakah yang baik untuk dirinya dan janinnya.

Related Post to Daftar Makanan yg Baik Untuk Ibu Hamil

error: Content is protected !!