Cara Senam Ibu Hamil Sederhana dan Menyehatkan

Kehamilan memang tidak membuat seorang wanita berhenti untuk berolahraga salah satunya senam, karena ada cara senam ibu hamil yang bisa dilakukan dan tentunya memiliki banyak manfaat bagi ibu maupun bayi dalam kandungannya. Memilih senam juga tidak sembarangan, karena ketika hamil wanita sangat sensitif dan tidak diperbolehkan melakukan gerakan-gerakan yang akan menyulitkannya. Untuk itu Anda tidak boleh ketinggalan artikel menarik ini yang akan membahas lebih lanjut mengenai senam ketika hamil untuk Anda.

cara senam ibu hamil

Kegiatan senam sendiri selain memberikan kebugaran bagi ibu hamil juga berfungsi untuk mengusir kebosanan dan depresi yang sering menghampiri ibu hamil ketika tidak melakukan kegiatan apapun. Sebelum melakukan senamnya, Anda tentu harus mempelajari cara senam ibu hamil yang benar agar hal-hal yang dikhawatirkan tidak terjadi. Untuk itu, maka harus tetap menyimak artikel yang sangat menarik ini agar dapat mempraktekannya ketika di rumah untuk merasakan manfaat besar bagi Anda maupun kandungan hingga saat persalinan.

Cara Senam Ibu Hamil Dengan Mencium Lantai

Dalam gerakan senam mencium lantai, seorang ibu hamil sebaiknya sudah mencapai usia kehamilan 6-8 bulan. Gerakan senam satu ini akan membantu ibu hamil yang bayinya sungsang sehingga dengan senam ini dapat membenarkan posisi bayinya tersebut. Mulai gerakan senam dengan berjongkok, kemudian mulai bungkukkan badan secara perlahan. Lanjutkan membungkuk hingga Anda dapat mencium tanah atau lantai dan Anda harus menahannya selama 10 detik. Kembalilah ke posisi semula jika sudah mampu melakukan gerakan kedua tadi. Anda dapat melakukan senam ini sesering mungkin hingga posisi bayi Anda sempurna mengarah ke panggul. Cara senam ibu hamil sederhana ini akan sangat membantu Anda.

Gerakan Senam Ibu Hamil Untuk Memudahkan Proses Persalinan

Ada beberapa macam senam yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk memudahkan ketika proses melahirkan. Pertama adalah senam kegel. Senam kegel ini merupakan jenis senam perenggangan yang dapat melatih otot panggul, rahim, rektum dan kandung kemih serta menguatkannya agar proses melahirkan jadi lebih mudah. Kemudian sangat dianjurkan bagi ibu hamil yang telah memasuki trimester kehamilannya untuk sering-sering berjalan kaki. Ini berguna untuk membantu agar posisi bayi masuk pada jalur lahir. Lalu ada senam jongkok. Cara senam ibu hamil ini dilakukan dengan menurunkan badan secara perlahan sampai pada posisi jongkok dengan posisi punggung yang lurus selama 10 detik lalu kembali berdiri. Melakukan senam jongkok beberapa kali sehari dapat memperkuat otot panggul dan paha yang memudahkan proses melahirkan.

Gerakan selanjutnya adalah dengan memiringkan panggul yang dapat menambah kekuatan pada otot perut dan menghilangkan rasa sakit pada pinggang terutama ketika memasuki masa hamil tua. Dan terakhir ada gerakan senam dengan pose tailor. Dalam yoga pose ini disebut juga dengan pose kupu-kupu yang dilakukan dengan cara duduk dan posisi punggung yang lurus pada dinding. Lalu dorong kedua lutut hingga menyentuh lantai dengan telapak kaki yang saling berhadapan dan menyentuh dengan rapat. Gerakan ini berguna untuk melatih otot pada paha yang dapat menghilangkan stres pada punggung bawah. Lakukan beberapa kali dalam sehari selama 10-20 detik.

Itulah beberapa cara senam ibu hamil yang berhasil kami rangkum untuk Anda. Manfaat senam untuk ibu hamil ini sangat besar baik bagi kesehatan kandungan, maupun bagi kelancaran ketika proses melahirkan. Untuk itu bagi para ibu hamil sangat dianjurkan untuk rajin-rajin melakukan gerakan senam. Namun perlu diingat lagi bahwa ibu hamil sangat tidak dianjurkan melakukan gerakan yang berat karena bisa membahayakan diri si ibu ataupun janin yang dikandungnya. Cukup melakukan gerakan sederhana seperti yang kami jelaskan dalam artikel ini. Selamat mencoba.

Related Post to Cara Senam Ibu Hamil Sederhana dan Menyehatkan

error: Content is protected !!