Cara Mudah Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Pria

Kesehatan selalu saja menjadi pembahasan yang menarik, baik kesehatan organ dalam hingga kesehatan alat reproduksi. Apalagi semakin ke sini semakin banyak saja penyakit yang bisa menyerang alat reproduksi, misalnya saja seperti penyakit AIDS yang bahkan belum ditemukan obatnya hingga kini. Cara menjaga kesehatan reproduksi pun bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana. Untuk sebagian pria mungkin masih sedikit cuek dan kurang perduli, padahal menjaga kesehatan reproduksi pria sangat penting dilakukan untuk menjadi investasi jangka panjang. Berikut adalah tips menjaga kesehatan reproduksi pria untuk Anda:

cara mudah menjaga kesehatan reproduksi pada pria

  1. Jaga Kebersihan Alat Reproduksi

Hal yang harus dilakukan pertama untuk menjaga kesehatan reproduksi pria adalah dengan menjaga kebersihan. Karena kebersihan selalu menjadi hal yang paling utama dalam kesehatan. Cucilah alat reproduksi setelah buang air kecil dengan air bersih. Lebih baik lagi jika air yang digunakan adalah air yang mengalir. Anda juga bisa menggunakan sabun untuk mencucinya, agar bakteri dan kuman yang menempel bisa segera mati.

  1. Jaga Kebersihan Celana

Selalu gunakan celana yang bersih, terutama celana dalam. Biasanya, bagi sebagian pria masih kurang peduli dengan hal ini. Padahal menjaga kebersihan celana dalam sangat mudah, hanya dengan menggantinya dua kali selama sehari. Hal ini sangat penting untuk menghindari virus, bakteri dan kuman yang berbahaya masuk. Hal ini juga bisa menyebabkan bau yang tidak sedap.

Bahan pakaian dalam yang dianjurkan juga yang terbuat dari bahan katun, karena bahan katun dapat menyerap keringat dengan baik dan tidak membuat kepanasan.

  1. Menjaga kelembaban

Kondisi yang sangat panas bisa menyebabkan kondisi sperma yang kurang baik. Maka Anda harus menjaga kelembaban di sekitar alat reproduksi.

  1. Memeriksakan Kesehatan Testis

Pemeriksaan ini bisa dilakukan sendiri dengan mengamati apakah ada benjolan atau tidak untuk memastikan tanda-tanda penyakit seperti kanker testis. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan secara teratur. Jika Anda merasa ada yang mencurigakan, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dengan dokter.

  1. Mencukur Rambut

Menjaga kesehatan reproduksi pria juga bisa dilakukan dengan mencukur rambut yang di tubuh di sekitar reproduksi minimal satu bulan sekali. Karena jika terlalu lebat bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri yang kurang baik.

  1. Hindari Celana Yang Terlalu Ketat

Di jaman serba modern ini, tidak hanya wanita yang suka menggunakan skinny jeans, bahkan pria juga menyukai celana model ini. Ternyata memakai celana yang terlalu ketat juga tidak baik untuk kesehatan reproduksi pria.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan para pria untuk menjaga kesehatan reproduksi pria. Untuk hal pribadi seperti ini, ada baiknya pria lebih peduli untuk kesehatan alat reproduksinya. Semakin Anda cepat tanggap, semakin besar juga kesempatan Anda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Selamat mencoba untuk menjadi lebih sehat dan semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Related Post to Cara Mudah Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Pria

error: Content is protected !!