Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Secara Menyeluruh

Anak adalah yang terpenting bagi orang tua, apalagi jika menyangkut kesehatannya. Orang tua pasti akan melakukan apapun untuk kesehatan anaknya. Banyak cara menjaga kesehatan anak yang bisa dilakukan oleh orang tua. Anak biasanya lebih rentan terkena penyakit daripada orang dewasa. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak :

  1. Cukup Istirahat

Untuk anak kecil, istirahat yang cukup sangatlah penting sebagai langkah awal cara menjaga kesehatan anak. Biasakan anak Anda untuk tidur siang minimal satu jam, dan tidur malam kurang lebuh sembilan jam.

cara menjaga kesehatan tubuh anak secara menyeluruh

  1. Makanan Dengan Nutrisi Yang Cukup

Nutrisi seperti vitamin dan kalsium sangat penting untuk tumbuh kembang dan imunitas anak. Makanan bergizi juga tidak perlu yang mahal. Ajari anak untuk maka sayur sejak dini, ini agar anak menyukai sayur untuk menjaga kesehatannya.

  1. Biasakan Makan Buah

Anak sangat menyukai jajanan. Perhatikan jajanan yang masuk ke dalam tubuh anak. Daripada makanan yang mengandung MSG dan perwarna, lebih baik ajarkan anak untuk menyukai buah. Kenalkan anak pada buah-buahan yang berwarna-warni agar membuatnya lebih bersemangat makan buah.

  1. Jaga kebersihan Kamar Anak

Kebersihan sangat penting sebagai langkah menjaga kesehatan anak. Selalu bersihkan kamar anak untuk menghindari penyakit, seperti misalnya demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Sapu lantainya setiap hari, dan pel minima tiga hari sekali.

  1. Konsumsi Madu

Madu sangat baik dikonsumsi anak untuk menjaga kekebalan tubuh anak dan pertumbuhan anak. Seduh madu dengan air hangat seperti teh, atau tambahkan madu ke susu anak. Atau bisa juga diminumkan kepada anak secara langsung.

  1. Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Beri anak waktu untuk meng-eksplor apa yang dia mau. Dengan bermain di luar rumah, tubuh sang anak akan menghasilkan sistem imun tersendiri dengan lingkungannya. Anak juga akan lebih pintar beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungannya.

  1. Berikan Susu Formula

Sekarang ini banyak sekali susu formula yang bisa anda dapatkan di toko-toko. Berikan susu formula yang cocok untuk anak untuk menambah sistem imun anak, dan nutrisi tambahan lainnya. Susu formula ini biasanya memiliki rentan umur khusus, cukup pilih salah satu yang paling cocok menurut Anda.

  1. Lakukan imunisasi

Imunisasi sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan anak. Cukup bawa anak ke posyandu atau ke Puskesmas terdekat. Imunisasi wajib juga gratis dilakukan di Puskesmas.

  1. Cepat Tanggap

Sebagai orang tua, Anda harus cepat tanggap jika anak terlihat tidak seperti biasanya. Jika anak terlihat lesu, periksa badannya apakah panas demam atau tidak. Dengarkan juga keluhan-keluhan anak. Jika hal tersebut menandakan adanya gangguan kesehatan, sebaiknya segeralah dibawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan anak yang bisa Anda lakukan sehari-sehari. Semoga anak Anda selalu sehat dan semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Related Post to Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Secara Menyeluruh

error: Content is protected !!