Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pada Wanita

Kesehatan reproduksi wanita sangat penting, bukan hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk pasangan Anda. Jika reproduksi wanita sehat, maka pasangan juga akan ikut senang. Semakin berjalannya waktu, semakin banyak juga jenis penyakit baru yang bisa membahayakan kesehatan reproduksi wanita. Anda juga semakin dituntut untuk bisa menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Sudah saatnya untuk anda para wanita lebih peduli pada kesehatan reproduksi wanita. Cara-cara untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita tergolong tidak terlalu sulit jika anda benar-benar ingin melakukannya. Berikut tipsnya :

cara menjaga kesehatan organ reproduksi pada wanita

  1. Rajin Menjaga Kebersihan

Sekali lagi, kebersihan adalah modal paling utama untuk bisa mendapatkan organ reproduksi yang sehat. Jangan pernah lupa untuk membersihkan organ reproduksi Anda setelah buang air kecil atau besar dengan air bersih. Untuk hasil terbaik, Anda bisa menggunakan air mengalir untuk mencuci organ reproduksi Anda. Selain itu, mencuci alat reproduksi juga dianjurkan dilakukan sebelum dan sesudah melakukan hubungan intim. Ini bertujuan agar bakteri dan kuman yang menempel pada organ intim tidak ikut masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengganti Pembalut

Ketika sedang menstruasi, jangan pernah malas untuk mengganti pembalut. Darah yang menggumpal di pembalut bisa menjadi tempat yang mendukung perkembangbiakan bakteri tidak baik untuk organ reproduksi Anda. Ganti pembalut minimal empat jam sekali.

  1. Pakai Pembersih Khusus

Jika ingin menggunakan produk pembersih, gunakan produk khusus untuk bagian reproduksi wanita, bukan produk sabun biasa karena biasanya pH nya akan berbeda. Penggunaan produk yang sembarangan juga bisa mengakibatkan iritasi dan gatal-gatal.

  1. Mengganti Celana Dalam

Gantilah celana dalam minimal dua kali sehari. Jika terlalu lama tidak mengganti celana dalam, keringat akan mengendap, dan efeknya tidak bagus untuk kesehatan reproduksi wanita.

  1. Gunakan Panty liner

Penggunaan panty liner hanya dianjurkan ketika sedang mengalami keputihan, dan bukan untuk dipakai sehari-hari. Keseringan menggunakan panty liner juga kurang baik untuk kesehatan reproduksi wanita.

  1. Bersihkan Rambut

Cukurlah rambut yang tumbuh di sekitar reproduksi wanita, dan bukan dengan cara mencabutnya. Jangan sampai rambut di sekitar reproduksi wanita tumbuh terlalu lebat, karena bisa menjadi sarang kuman.

  1. Periksa ke Dokter

Jangan malu untuk memeriksakan diri ke dokter. Misalnya jika mengalami keputihan yang berbau atau gatal, segeralah memeriksakan diri. Karena keputihan yang normal biasanya tidak gatal ataupun berbau.

  1. Tidak Keseringan Masturbasi

Masturbasi ataupun beronani terlalu sering memang tidak dianjurkan, apalagi sampai memasukkan sesuatu ke dalam area reproduksi, seperti jari. Selain kebersihan benda yang masuk tidak terjamin, keseringan melakukan masturbasi juga bisa menghilangkan salah satu bakteri baik.

Setiap orang pasti menginginkan yang terbaik untuk kesehatan organ tubuhnya, tergantung seberapa rajin Anda melakukan usaha untuk menjaga kesehatan Anda, terlebih lagi untuk kesehatan reproduksi wanita. Semoga dengan informasi di atas, wanita-wanita Indonesia selalu sehat dan semakin peduli untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan reproduksi wanita.

Related Post to Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pada Wanita

error: Content is protected !!