Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidak Menjadi Kebiasaan Buruk

Insomnia merupakan gejala kelainan tidur berupa kesulitan untuk tidur terus menerus walaupun sebenarnya ada kesempatan untuk tidur. Tidur merupakan aktifitas yang sangat penting bagi pemulihan fungsi tubuh. Kurang tidur akan memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh pada siang harinya mulai dari kurang kosentrasi hingga berbagai penyakit kronis. Para penderita insomnia biasanya akan mengonsumsi obat tidur dan zat penenang agar bisa tidur. Obat-obatan ini biasanya akan memberikan dampak ketergantungan.

Cara Mengatasi Insomnia Sebelum Menjadi Kebiasaan

Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Biasanya insomnia disebabkan oleh kebiasaan buruk sebelum tidur, adanya penyakit dan berbagai masalah psikologis. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab insomnia:

     Faktor psikologis

Rasa gelisah, takut, cemas, rasa bersalah dan stres biasanya menjadi pemicu seseorang menjadi sulit untuk tidur.

     Efek samping dari penggunaan obat-obatan. Berbagai jenis obat untuk penyakit tertentu bisa menyebabkan sulit tidur.

     Kafein

Mengonsumsi terlalu banyak kafein akan menyebabkan sulit tidur karena kafein merupakan zat stimulun yang dapat menyebabkan hormon dalam tubuh akan bekerja lebih cepat dan aktif.

     Alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan pola tidur menjadi kacau, sering terbangun di malam hari dan mengurangi kualitas tidur Anda.

     Kebiasaan menonton tv di tempat tidur

Kebiasaan menonton tv di tempat tidur akan menyebabkan tubuh sulit diajak terlelap ketika tidur.

     Tidur siang

Tidur siang, apalagi secara berlebihan bisa menyebabkan kesulitan untuk tidur di malam harinya.

     Pola makan yang tidak baik

Mengonsumsi makanan berat sebelum tidur akan menyebabkan sulit untuk tidur.

     Menderita penyakit tertentu yang membuat sulit tidur

Penyakit seperti diabetes, ginjal dan beberapa jenis penyakit lainnya tiba-tiba bisa menyebabkan sukar tidur.

     Kelelahan fisik

     Lingkungan yang tidak mendukung untuk tidur seperti berisik ataupun cahaya lampu yang terlalu terang.

Sebelum dampak buruk dari kurang tidur tidak mengganggu kesehatan Anda maka ada baiknya jika Anda mengembalikan kebiasaan tidur menjadi normal. Untuk mengembalikan pola tidur agar menjadi teratur, berikut ini ada beberapa cara mengatasi insomnia sebelum menjadi kebiasaan buruk bagi kesehatan Anda:

  1. Ciptakanlah suasana tidur yang tenang dan nyaman. Sehingga tubuh dan pikiran Anda bisa merasa rileks. Anda bisa minum segelas susu atau melakukan meditasi sebelum tidur.
  2. Usahakan untuk tidur di jam yang sama secara teratur setiap harinya. Mungkin awalnya akan sedikit sulit karena Anda harus melakukan perubahan kebiasaan, tapi perlahan-lahan tubuh Anda akan terbiasa dengan kebiasaan baru.
  3. Hindarilah tidur di siang hari agar Anda dapat memiliki tidur yang berkualitas pada malam harinya.
  4. Hindari berolahraga sebelum tidur.
  5. Pergunakan kamar tidur hanya untuk tidur, jangan menggunakan kamar untuk melakukan aktifitas lain seperti mengerjakan pekerjaan kantor, menonton tv, membaca ataupun bermain gadget.

6.            Hindari mengonsumsi kopi pada sore dan malam hari.

Related Post to Cara Mengatasi Insomnia Agar Tidak Menjadi Kebiasaan Buruk

error: Content is protected !!