Cara Mencegah Penyakit Pada Organ Reproduksi

Penyakit memang tidak pernah pandang bulu untuk menyerang organ manusia. Dari organ kepala, kaki hingga organ reproduksi pun diserang oleh penyakitnya sendiri. Ada penyakit yang bisa menyerang organ reproduksi manusia, baik pria maupun wanita. Misalnya yaitu seperti penyakit AIDS, penyakit sifilis, kanker vagina, kanker ovarium, dan lain-lain. Tetapi, penyakit pasti bisa dicegah. Dan berikut cara mencegah penyakit pada organ reproduksi yang bisa Anda lakukan :

  1. Menjaga Kebersihan Diri

Jagalah selalu organ reproduksi Anda. Cuci bagian luar organ reproduksi Anda dengan menggunakan air dan sabun setelah buang air kecil, maupun buang air besar. Jangan lupa juga cuci tangan Anda juga dengan air bersih dan sabun.

cara mencegah penyakit pada organ reproduksi

  1. Menjaga Kebersihan Pakaian

Pastikan selalu kebersihan pakaian yang Anda pakai, terlebih pakaian dalam Anda. Dalam satu hari, minimal setidaknya Anda mengganti pakaian dalam sebanyak dua kali. Hal ini dilakukan untuk menghindari jamur dan bakteri bisa berkembang. Yang tidak kalah penting juga adalah jangan bertukar pakaian dalam meskipun dengan anggota keluarga Anda. Hal ini sangat penting dilakukan sebagai cara mencegah penyakit pada organ reproduksi.

  1. Mengganti Pembalut

Untuk wanita khususnya yang sedang menstruasi, jangan pernah malas untuk mengganti pembalut. Jika sedang tidak sibuk, gantilah pembalut Anda empat jam sekali. Hal ini dianjurkan karena pada saat Anda menstruasi, kuman-kuman akan lebih mudah masuk dan pembalut yang sudah berisi gumpalan darah. Sehingga akan menjadi tempat yang baik untuk berkembangnya kuman-kuman.

  1. Jangan Gunakan Bedak

Untuk beberapa orang terutama wanita, masih banyak yang menaburkan bedak ke sekitar organ reproduksi ketika merasa gatal. Hal ini justru bisa berbahaya bagi organ reproduksi. Karena bisa saja bedak tersebut mengandung zat kimia yang tidak cocok jika terkena organ reproduksi.

  1. Stop Seks Bebas

Seks bebas memang sangat berbahaya. Banyak penyakit kelamin yang bisa menular lewat berhubungan seks. Dengan melakukan seks bebas juga tidak menjamin kebersihan pasangan. Jadi sebisa mungkin hindarilah melakukan seks bebas sebagai langkah awal cara mencegah penyakit pada organ reproduksi.

  1. Merawat Rambut Atau Bulu Yang Tumbuh Di Sekitar Organ Reproduksi

Jangan membersihkan bulu di sekitar organ reproduksi dengan cara mencabut, ini karena akan meninggalkan lubang-lubang kecil di sekitar organ reproduksi. Lubang-lubang tersebut bisa menjadi jalan untuk kuman, jamur dan bakteri masuk dan berkembang biak.

  1. Jaga Kebersihan Toilet

Kebersihan toilet sangat berhubungan dengan kesehatan organ reproduksi. Jika Anda harus menggunakan toilet umum, siramlah dahulu sebelum menggunakan toilet. Hal ini sangat penting untuk dilakukan sebagai cara mencegah penyakit pada organ reproduksi.

  1. Pemakaian Pantyliner

Jangan gunakan pantyliner setiap hari. Cukup gunakan ketika sedang keputihan saja, ini karena menggunakan pantyliner terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan organ reproduksi.

Itulah beberapa cara mencegah penyakit pada organ reproduksi yang bisa Anda lakukan. Jagalah selalu kebersihan lingkungan Anda untuk kesehatan anda sendiri.

Related Post to Cara Mencegah Penyakit Pada Organ Reproduksi

error: Content is protected !!