Cara Memperbaiki Touchscreen Tablet yang Rusak

Cara memperbaiki touchscreen tablet memang bisa dibilang gampang-gampang sulit, sebab hampir semua tablet menggunakan perintah sentuh untuk melakukan proses input maupun fasilitas yang lain. Dengan kata lain, Anda tidak bisa menggunakan perangkat tablet bila layar sentuh tidak bisa bereaksi. Inilah yang menyebabkan perbaikan touchscreen tablet bisa dikatakan sulit. Namun, kemudahannya adalah perangkat saat ini memiliki berbagai tombol perintah yang membantu seperti tombol volume, menu, hingga on-off. Dengan tombol-tombol ini dimungkinkan perangkat Anda bisa bekerja dengan normal kembali.

cara memperbaiki touchscreen tablet

Cara Memperbaiki Touchscreen Tablet yang Tidak Berfungsi dengan Optimal

Cara memperbaiki touchscreen tablet jika Anda tidak menemukan kerusakan yang parah, Anda bisa mencoba mematikan perangkat terlebih dahulu, tunggu hingga beberapa detik dan nyalakan kembali. Guna dari proses ini ialah membersihkan seluruh kesalahan yang berada di perangkat lunak yang mengakibatkan touchscreen tidak bisa berfungsi secara normal. Setelah tablet menyala dan tidak bisa berfungsi, Anda bisa mengeluarkan baterai dan kartu sim dari perangkat, tunggu kembali. Terkadang perangkat tidak mampu berfungsi secara optimal dikarenakan kesalahan yang berada di kartu sim. Bila kartu sim ternyata merupakan kendala dari masalah touchscreen, Anda dapat mengganti penempatan kartu sim seperti semula di sim 1 di pindah ke sim 2.

Cara memperbaiki touchscreen tablet yang tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan memeriksa dokumentasi yang berada di dalam tablet. Lihat cara manual di kalibrasi layar. Proses ini dilakukan melalui tools menu untuk Anda yang mempunyai perangkat yang terdapat alternatif input. Jika tablet Anda tidak memiliki alternatif input, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menahan kombinasi tombol kalibrasi saat membuka menu tool. Cara ini dapat Anda coba hingga beberapa kali, karena memang ada tablet yang mempunyai respons lebih lambat dibandingkan dengan yang lainnya, jadi perlu pengulangan cara. Berhentilah jika sudah melakukan 3x proses namun perangkat belum dapat di gunakan kembali.

Bila cara-cara tersebut tetap tidak bisa mengembalikan fungsi touchscreen, maka lakukan cara memperbaiki touchscreen tablet lainnya, yaitu dengan upgrade perangkat lunak menggunakan versi yang terbaru. Banyak sekali perangkat lunak yang tidak diperhatikan softwarenya. Seperti yang kita ketahui, tidak hanya di smartphone saja, di tablet pun kita juga harus melakukan update perangkat secara berkala. Apabila Anda telah lama tidak melakukan update, hal ini dapat mengurangi fungsi touchscreen. Ada pula perbaikan perangkat yang menyebabkan touchscreen akan berhenti untuk merespons. Jadi, lakukan update secara teratur. Setelah Anda melakukan update, bersihkan layar dengan menggunakan small brush, namun matikan tablet terlebih dahulu sebelum Anda membersihkannya. Dengan menggunakan serangkaian cara ini, tablet akan dapat berfungsi dengan normal.

Related Post to Cara Memperbaiki Touchscreen Tablet yang Rusak

error: Content is protected !!