Cara Memperbaiki Touchscreen Android dengan Mudah

Cara memperbaiki touchscreen android yang mengalami kerusakan memang tidak terlalu sulit. Terkadang saat touchscreen yang berada di android tidak berjalan dengan baik, kita sering menduga bila kesalahan tersebut berada di LCD. Padahal bukan selalu bagian LCD yang mengalami sebuah masalah jika touchscreen tidak berfungsi. Namun pada layar yang berada di bagian atas. Bagian LCD dengan layar bagian atas terletak terpisah. Jika android Anda rusak bukan karena terjatuh dan pecah, perbaikan android bisa dilakukan lebih mudah, karena tidak perlu mengganti LCD android lama dengan android baru.

cara memperbaiki touchscreen android

Cara Memperbaiki Touchscreen Android yang Tidak Berfungsi

Terkadang, Anda sudah bingung mencari cara memperbaiki toucscreen android bahkan sudah datang ke tukang servis. Padahal bisa saja dengan cara-cara yang mudah bisa mengembalikan android berfungsi dengan lancar lagi seperti merestart kemudian menghidupkannya kembali. Jika cara ini juga tidak bisa mengatasi, lakukan pelepasan baterai, kartu memory hingga sim. Matikan terlebih dahulu android Anda lepas dan biarkan beberapa detik dikarenakan agar kapasitor yang berada di motherboard tidak dapat mengonsumsi energi. Selain itu, lakukan pembersihan pada layar mempergunakan tisu halus yang telah di basahi dengan alkohol isopropil. Lakukan pembersihan dengan baik.

Cara memperbaiki touchscreen android yang tidak berfungsi yaitu Anda bisa masuk ke pengaturan telepon. Pilih menu setting kemudian cari display. Di sana Anda akan menemukan beberapa menu, dan pilih kalibrasi. Nantinya layar di android akan berubah menjadi putih, klik layar dengan sembarang untuk melakukan proses kalibrasi. Saat melakukan kalibrasi, Anda akan diminta untuk melakukan berbagai langkah. Ikuti langkah yang tertera di dalam ponsel hingga selesai. Setelah proses kalibrasi selesai, Anda bisa mengecek apakah ponsel sudah bekerja dengan normal kembali atau belum.

Jika proses kalibrasi ternyata tidak bisa mengembalikan touchscreen Anda seperti semula, cara memperbaiki touchscreen android adalah dengan melakukan factory reset. Saat ingin mempraktekkannya, disarankan Anda membackup semua data yang berada di dalam android. Hal ini dikarenakan proses reset akan membuat android kembali lagi ke pengaturan awal, otomatis menghilangkan berbagai aplikasi yang telah terinstall di dalamnya. Tombol-tombol yang berada di dalam android untuk melakukan proses factory reset berbeda. Anda dapat mencoba cara pertama dengan Volume Naik + Home + Power. Bila cara pertama tidak bisa difungsikan ke ponsel Anda, pilih cara berikutnya Volume Turun + Power. Cara terakhir dengan menekan Home + Power secara bersama-sama. Untuk memilih pilihan factory reset, gunakan tombol volume down serta tekan home untuk pilih. Pilih ya dan hapus semua penggunaan tunggu hingga proses reset berjalan. Ketika selesai melakukan booting, segera periksa kondisi touchscreen android Anda.

Related Post to Cara Memperbaiki Touchscreen Android dengan Mudah

error: Content is protected !!