Cara Memperbaiki Touch Screen Laptop yang Error

Cara memperbaiki touch screen laptop merupakan kata kunci yang seringkali muncul saat terjadi masalah pada laptop yang memiliki teknologi touchscreen. Memang, sekarang ini laptop dengan teknologi touch screen telah dihadirkan oleh beberapa pabrikan teknologi besar seperti Asus, Acer, Samsung dan lain sebagainya. Gunanya layar touchscreen pada perangkat laptop memang diperuntukkan untuk memudahkan para penggunanya mengoperasikan laptop tanpa harus menggunakan touchpad ataupun mouse. Biasanya, jika terjadi suatu masalah pada layar laptop yang tidak merespon touch screen, seringnya Anda akan berpikiran bahwa ada suatu masalah pada bagian LCD laptop. Terkadang, pada beberapa kasus, pembersihan layar laptop menggunakan cairan kimia bisa menyebabkan masalah touch screen laptop yang bergerak-gerak atau bergoyang-goyang meskipun Anda tidak menyentuhnya. Jika Anda mengalaminya, maka pasti saat ini laptop Anda sulit untuk melakukan fitur restart ataupun shutdown.

cara memperbaiki touch screen laptop

Cara Memperbaiki Touch Screen Laptop yang Rusak karena Cairan Pembersih

Memang, pada petunjuk penggunaan laptop touch screen dijelaskan bahwa tidak boleh melakukan pembersihan menggunakan cairan yang mengandung bahan-bahan kimia. Hal ini dikarenakan penggunaan cairan tersebut pada layar laptop bisa mengakibatkan layar error dan rusak. Oleh karena itu, sebelum Anda mengetahui Cara memperbaiki touch screen laptop, Anda harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana melakukan perawatan untuk layar laptop yang menerapkan teknologi touch screen. Untuk melakukan pembersihan, Anda bisa menggunakan kain pembersih yang diberi sedikit air. Jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih secara langsung pada layar, karena hal itulah yang akan menyebabkan touch screen rusak.

Namun, jika Anda sudah terlanjur membersihkan touch screen laptop dengan bahan kimia dan sekarang menjadi error, maka langkah pertama yang harus dilakukan terkait cara memperbaiki touch screen laptop  adalah dengan memasang tablet dengan bagian dock untuk membuat keyboard agar kembali berfungsi. Kemudian, Anda bisa masuk ke dalam system properties menggunakan touchpad, atau bisa juga dengan menekan tombol windows bersamaan dengan pause/break pada keyboard. Setelah itu, Anda bisa mengklik tulisan device manager dan pilih human interface devices. Setelah Anda mengikuti langkah tersebut, Anda bisa memilih disable dengan mengklik kanan di tulisan HID-compliant touch screen yang ada pada layar.

Setelah mengikuti cara di atas, Anda akan melihat bahwa touch screen laptop Anda sudah tidak bergerak atau bergoyang-goyang selama beberapa waktu. Namun, cara memperbaiki touch screen laptop belum selesai sampai sini, karena Anda harus menutup kembali device manager pada jendela layar laptop dan kemudian restart laptop anda. Terakhir, Anda bisa melakukan ubahan pengaturan pada device manager dengan kembali mengklik enable pada pengaturan HID-compliant touch screen. Cara ini terbilang cukup berhasil untuk Anda yang mengalami masalah seperti itu.

Related Post to Cara Memperbaiki Touch Screen Laptop yang Error

error: Content is protected !!