Cara Membuat Mobil Listrik Memanfaatkan Mobil Bekas

Cara membuat mobil listrik sekarang sudah mulai dikenal oleh kalangan umum. Munculnya mobil listrik membuat banyak orang membicarakannya. Tentu saja banyak dibicarakan karena mobil listrik beda dari mobil pada umumnya. Pada umumnya mobil menggunakan bahan bakar bensin tetapi sekarang muncul dengan bahan bakar listrik. Terobosan ini membuat banyak orang tertarik. Dengan naiknya harga BBM maka mobil listrik ini bisa dijadikan solusi alternatif untuk menghemat dana. Namun jarang yang mengetahui bagaimana cara merakit mobil listrik. Di artikel ini kami akan memberi sedikit gambaran bagaimana caranya. Cara ini bisa digunakan sebagai dasar dalam membuat mobil listrik.

cara membuat mobil listrik

Langkah-Langkah dan Cara Membuat Mobil Listrik

Langkah pertama dalam cara membuat mobil listrik adalah dengan mempersiapkan kebutuhan alat membuat mobil listrik. Selanjutnya Anda bisa menyiapkan mobil bekas yang masih berfungsi. Kemudian mobil bekas tersebut bisa Anda ambil bagian-bagian yang dibutuhkan seperti gigi, roda dan badan. Selain bagian tadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan yang lain. Ataupun Anda bisa menjualnya ditempat pengepul besi. Bagian-bagian tersebut bisa Anda cek terlebih dahulu apakah masih bisa berfungsi normal. Pada saat pengecekan bisa sambil dibersihkan maupun dicat ulang agar tampak lebih bagus.

Langkah kedua dalam cara membuat mobil listrik ini Anda perlu menyiapkan mesin listrik yang kemudian Anda gunakan untuk menggantikan mesin pada mobil bekas yang sudah dicabut. Untuk mendapatkan mesin listrik Anda bisa mencarinya di internet. Anda tinggal memilih mesin listrik sesuai keinginan Anda. Dalam pemilihan mesin mobil listrik yang perlu dipertimbangkan kekuatannya. Sebelum Anda membelinya kami sarankan untuk mencobanya terlebih dahulu, agar mengetahui bagaimana kinerja mesin. Sudah banyak situs yang menyediakan mesin listrik. Anda tinggal mencarinya kemudian melakukan pemesanan.

cara membuat mobil listrik mainan

Langkah ketiga dalam cara membuat mobil listrik, dimana langkah ini Anda perlu mempersiapkan sistem control. Sistem control ini digunakan dalam pengaturan supply listrik. Supply listrik tersebut diatur untuk aliran dari baterai menuju mesin. Controller ini sangat penting agar aliran listrik bisa stabil. Kemudian Anda sambungkan kontroler pada potentiometer. Setelah penyambungan awal selesai, selanjutnya Anda lakukan penyambungan potentiometer pada pedal gas. Langkah dalam penyambungan lumayan rumit untuk itu Anda diharapkan lebih teliti, agar tidak terjadi kesalahan dalam penyambungan tersebut.

Langkah keempat dalam cara membuat mobil listrik adalah selanjutnya Anda perlu menyiapkan baterai mobil listrik yang tepat. Maksudnya baterai yang tepat Anda membeli baterai untuk mobil Anda disesuaikan dengan kapasitas mesin. Baterai tentunya jangan dibayangkan baterai biasa. Tetapi Anda bisa menggunakan aki dengan kapasitas tinggi. Penggunaan aki juga Anda diharapkan memilih aki yang berkualitas. Agar bisa tahan lama untuk pemakaian maupun penyimpanan baterai. Tidak masalah aki dengan harga sedikit mahal namun memiliki kualitas bagus untuk membuat mobil dengan performa yang bagus.

cara membuat mobil listrik sederhana

Langkah kelima dalam cara membuat mobil listrik ini Anda perlu membuat charger baterai. Pastinya charger sangat penting untuk mobil listrik. Karena tanpa charger mobil tidak akan bisa digunakan karena baterai tidak diisi ulang. Dalam membuat charger baterai Anda bisa menggunakan dengan cara manual. Menggunakan kabel yang disalurkan ke stop kontak kemudian tempelkan kabel ke baterai. Cara yang lain Anda bisa membeli alat khusus untuk ngecharge baterai mobil listrik Anda. Kedua cara ini bisa Anda lakukan tergantung dengan kebutuhan Anda. Tentunya untuk masalah keamanan lebih aman charge dengan alat khusus.

Langkah keenam dalam cara membuat mobil listrik sekaligus persiapan terakhir yaitu dengan menyiapkan amperemeter. Amperemeter berguna untuk mengukur aliran listrik pada baterai mobil listrik Anda. Hal ini untuk mengetahui listrik yang terkandung dalam baterai, agar Anda bisa mengantisipasi waktu ngecharge baterai mobil listrik Anda. Langkah diatas merupakan langkah inti dalam membuat mobil listrik. Dengan langkah ini mobil Anda baru bisa berjalan. Selanjutnya Anda bisa mengatur aliran listrik kebagian mobil yang lain, seperti lampu mobil dan bagian penting lainnya. Demikian langkah membuat mobil listrik semoga bisa bermanfaat dan menjadi ilmu baru untuk Anda.

Related Post to Cara Membuat Mobil Listrik Memanfaatkan Mobil Bekas

error: Content is protected !!