Cara Kalibrasi PH Meter Menggunakan Akuades

Cara kalibrasi ph meter perlu Anda ketahui untuk menjaga ph meter yang Anda miliki menjadi lebih awet. Ph meter adalah alat yang digunakan untuk mengatur kadar ph pada suatu larutan tertentu. Anda bisa menemukan alat ini di sekolah-sekolah, kompleks industri, rumah sakit ataupun di laboratorium. Alat ini sangat bermanfaat bagi murid dan guru pada proses pembelajaran. Sedangkan untuk para laboran, tentu saja ph meter sangat berguna pada saat melakukan percobaan ataupun penelitian. Kebanyakan penelitian di laboratorium pasti menggunakan berbagai jenis larutan dan cairan. Dan alat yang kecil nan banyak fungsi ini tentu saja dibutuhkan. Ph meter mampu digunakan sampai dengan 400 jam sehingga Anda harus mengkalibrasi alat ini supaya dapat digunakan dengan baik dengan hasil yang akurat.

cara kalibrasi ph meter

Bagaimana Cara Kalibrasi Ph Meter Menggunakan Akuades yang Benar ?

Sebagai informasi, ternyata Anda bisa mencoba menggunakan akuades. Sebenarnya kalibrasi menggunakan akuades cukup mudah dilakukan. Kalibrasi dengan akuades juga memang dapat menjadikan hasil penggunaan ph meter menjadi lebih maksimal. Kebanyakan orang mengkalibrasi ph meter dengan mengatur angka tujuh. Namun apakah begitu saja caranya? Memang pada angka 7 selalu netral dan banyak orang yang beranggapan tidak ada ph yang terlarut. Namun sebenarnya ada ph yang terlarut meskipun sedikit. Lalu,bagaimana cara kalibrasi ph meter menggunakan akuades ? Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini. Akan ditunjukkan tentang kalibrasi asam untuk pengukuran di bawah angka tujuh dan kalibrasi basa untuk pengukuran di atas angka tujuh.

Simak cara kalibrasi ph meter berikut ini:

  1. Untuk pengukuran asam
  2. Rendam ph meter pada bagian elektrodanya dengan menggunakan buffer selama kurang lebih 10 detik dengan angka 7.0 pada suhu 25 derajat celcius.
  3. Tunggu hingga pembacaan ph meter stabil kemudian putar tombol trimer dengan obeng sampai dengan angka 7.0.
  4. Bilas elektroda pada ph meter menggunakan akuades lalu masukkan kembali pada cairan buffer.
  5. Lakukan seperti langkah kedua dan tunggu sampai dengan angka 4.
  6. Masukkan beberapa tetes larutan buffer ph tujuh pada penutup elektrode.
  7. Anda harus mengganti isi larutan buffer setiap digunakan.

 

  1. Untuk kalibrasi basa

Caranya sama persis dengan pengukuran asam tetapi pada poin ke 4, putar tombol trimer sampai dengan angka 10.

Nah, ternyata mudah bukan? Mengkalibrasi ph meter tidak perlu dibuat terlalu sulit karena memang bisa dilakukan dengan sangat sederhana dengan menggunakan akuades. Anda bisa mencoba cara di atas untuk mengkalibrasi ph meter agar tetap berfungsi dengan baik. Sekian tentang cara kalibrasi ph meter dan semoga bisa memberikan sedikit gambaran tentang cara kalibrasi yang benar.

Related Post to Cara Kalibrasi PH Meter Menggunakan Akuades

error: Content is protected !!