Cara Kalibrasi Baterai Laptop Agar Lebih Awet dan Akurat

Cara kalibrasi baterai laptop dilakukan untuk mengatasi kapasitas baterai yang menurun. Anda pasti sering mengalami berbagai masalah yang berhubungan dengan kinerja laptop, salah satunya adalah baterai laptop yang cepat habis padahal baru saja di chargefull 100 %. Anda mungkin menganggapnya hal normal tapi sebenarnya itu adalah indikasi bahwa kapasitas baterai laptop Anda menurun dan Anda harus segera melakukan cara ini. Kalibrasi merupakan cara untuk mengukur ulang kapasitas baterai yang cenderung menjadi tidak akurat seiring waktu penggunaan laptop. Seperti bottom bar menunjukkan kapasitas baterai masih 30 % tetapi ternyata kapasitasnya lebih rendah akhirnya dalam beberapa menit laptop Anda mati. Kalibrasi bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu menggunakan aplikasi bawaan laptop atau melakukan kalibrasi secara manual.

cara kalibrasi baterai laptop

Cara Kalibrasi Baterai Laptop Dengan Batterycare yang Simple dan Cepat

Batterycare merupakan aplikasi perawatan baterai pada laptop, aplikasi ini juga memudahkan Anda dalam melakukan kalibrasi dengan cepat. Aplikasi ini digunakan untuk meningkatkan masa pakai baterai dengan memonitor siklus-discharge baterai. Ada beberapa cara kalibrasi baterai laptop dengan batterycare, yang pertama harus anda lakukan adalah charge baterai hingga full 100%. Kemudian, biarkan laptop menyala selama 2 jam dengan tetap tersambung adaptor. Setelah itu, lepaskan adaptor dan setting hibernate otomatis dengan klik baterai, more power options, pilih power plan dan klik change plan settings lalu dilanjutkan dengan klik change advanced power settings. Selanjutnya, pada power options klik battery dan ubah pengaturan critical battery action menjadi on battery dengan memberi nilai 3% lalu klik ok. Jika sudah, biarkan laptop Anda melakukan pengosongan dan menjadi hibernasi, biarkan 5 jam atau lebih lalu charge kembali laptop tersebut hingga full 100%.

Cara kalibrasi baterai laptop yang kedua bisa dilakukan secara manual dan tanpa menggunakan aplikasi apapun. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah membuka control panel dan memilih power options dan klik create a power plan. Lalu, isikan sebuah nama pada plan name contohnya ‘kalibrasi’. Kemudian, pilihlah never untuk semua opsi yang ada agar baterai bisa digunakan secara penuh. Selanjutnya, pilih power plan dengan nama ‘kalibrasi’ tersebut dan lakukan charging hingga 100%. Langkah berikutnya adalah lepaskan charger dan biarkan laptop menyala sampai baterai habis dan laptop mati dengan sendirinya. Terakhir, charge kembali baterai hingga 100% dan gunakan seperti biasa, indikator kapasitas Anda akan menjadi lebih akurat setelah proses ini.

Cara kalibrasi baterai laptop ini membutuhkan waktu beberapa jam karena menggunakan proses penghabisan baterai dari penuh sampai habis dan selanjutnya mencharge kembali dari habis menjadi penuh. Untuk mempertahankan indikator kapasitas baterai yang lebih akurat, disarankan melakukan kegiatan kalibrasi ini secara rutin sekali dalam 2-3 bulan. Jika Anda belum pernah melakukan kalibrasi baterai laptop, segeralah mulai melakukannya untuk menghindari masalah laptop yang sering mati mendadak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Related Post to Cara Kalibrasi Baterai Laptop Agar Lebih Awet dan Akurat

error: Content is protected !!