Cara Kalibrasi Baterai Android Dengan Benar

Cara kalibrasi baterai android merupakan salah satu keyword yang paling banyak dicari saat ini, mengingat hampir semua lapisan masyarakat memiliki smartphone berbasis android untuk mendukung kegiatan mereka. Namun, masalah yang mungkin sering dialami oleh para pengguna smartphone berbasis android ini adalah baterai yang cepat habis. Masalah ini terbilang cukup besar jika smartphone merupakan perangkat yang sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan Anda, yang mana setiap hari, setiap jam bahkan mungkin setiap menit membutuhkan perangkat telepon yang selalu on. Jika Anda mengalami masalah terkait performa baterai serta durasinya yang semakin menurun, maka inilah waktunya untuk Anda melakukan kalibrasi baterai. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas terkait bagaimana cara yang benar untuk melakukan kalibrasi di Android.

cara kalibrasi baterai android

Tips dan Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root

Mungkin Anda merasakan salah satu tanda yang paling jelas terkait baterai yang harus dilakukan kalibrasi, yaitu cepat habisnya baterai ponsel meskipun sudah dicharger sangat lama. Anda yang mendapatkan masalah seperti itu, biasanya akan mengira bahwa ponsel atau baterainya yang rusak. Padahal, dengan melakukan kalibrasi baterai dengan baik dan benar benar, maka masalah tersebut bisa terselesaikan dengan mudah. Ada beberapa cara kalibrasi baterai android yang bisa dilakukan, tanpa harus melakukan root pada perangkat android Anda.

Cara kalibrasi baterai android tanpa root salah satunya adalah dengan menginstall aplikasi khusus untuk kalibrasi baterai di GooglePlay, yang mana dalam pemasangannya harus sesuai dengan dengan kapasitas baterai yang ada pada android milik Anda. Cara untuk memeriksa keadaan kapasitas baterai adalah dengan melihat secara langsung pada baterai yang ditanamkan atau mencari spesifikasi perangkat android yang Anda miliki di internet. Namun, jika Anda enggan menginstall aplikasi tersebut, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengisi penuh baterai perangkat android milik Anda dalam keadaan ponsel yang masih menyala. Kemudian, setelah ponsel terisi penuh, Anda bisa mencabut charger dan kemudian mematikan ponsel tersebut.

Setelah ponsel Anda mati, cara kalibrasi baterai android  selanjutnya adalah segera hubungkan kembali ponsel dengan charger dan biarkan mulai mengisi kembali sampai penuh 100%. Jika lampu LED hijau menunjukkan proses pengisian baterai yang telah selesai, maka Anda bisa mencabut kembali charger. Kemudian hidupkan ponsel dan atur layar ponsel supaya bisa terus menyala. Setelah layar diatur, Anda bisa memasang kembali ponsel Android ke charger, kemudian ditunggu lagi sampai terisi penuh 100%. Setelah pengisian baterai penuh, Anda bisa mencabut charger dan tetap membiarkan ponsel dalam keadaan terus menyala sampai akhirnya ponsel android tersebut mati sendiri saat mencapai 0% pada level baterainya. Terakhir, setelah ponsel mati, Anda bisa mengisi ulang baterai sampai penuh. Layar juga bisa dikembalikan ke settingan normal seperti sebelumnya.

Related Post to Cara Kalibrasi Baterai Android Dengan Benar

error: Content is protected !!