Brand Lokal Indonesia Yang Terkenal di Luar Negeri

Siapa sangka banyak brand lokal Indonesia bisa tembus di pasaran mancanegara, namun kita beranggapan itu adalah brand luar negeri, tetapi itu adalah brand lokal yang sudah melejit ke pasar mancanegara. Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan merk-merk branded yang sudah ada di pasaran. Dimulai dari produk-produk elektronik seperti televisi, laptop, handphone, baju, hingga makanan-makanan cepat saji. Selain produk-produk branded yang terkenal itu merupakan produk asing, ternyata ada juga yang merk lokal Indonesia. Kualitas brand lokal pun tak kalah dengan kualitas internasional.

Brand Lokal Indonesia Yang Mendunia

Lea

Brand lokal Indonesia yang mendunia pertama adalah Lea. Meskipun nama serta logonya berbau-bau Amerika, namun sebenarnya brand Lea ini merupakan asli produk dari Indonesia. Mengenai model serta kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Brand ini memiliki kualitas ekspor. Oleh karena itu tidak kalah bersaing dan bisa disejajarkan dengan jenis jeans dari luar negeri di manapun.

 

 

brand lokal indonesia yang terkenal di luar negeri

Tomkins

Brand lokal Indonesia berikutya adalah Tomkins. Brand ini menyediakan berbagai sepatu olahraga, dari sepatu bola, sepatu futsal, dan sepatu olahraga lainnya. Ukurannya pun lengkap dari sepatu dewasa hingga anak-anak. Anda tidak perlu heran dengan kesan namanya yang sangat luar negeri. Tomkins benar-benar produk lokal, asli Indonesia.

J.CO Donnuts and Coffe

Tahun 2005, outlet pertama J.CO Donuts and coffe dibuka di Supermall Karawaci. Sejak itu J.CO terus mengembangkan usahanya di berbagai daerah di Indonesia. Perusahaan yang dimiliki Johnny Andrean ini mampu meracik donat dan juga kopi hingga mempunyai kualitas internasional. Saat ini J.CO merupakan salah satu brand lokal Indonesia yang semakin berkembang hingga memiliki banyak cabang di luar negeri seperti di Singapura, Malaysia, China, dan Philipina.

Maspion

Iklan Maspion terkenal dengan ungkapan “Cintai produk-produk Indonesia!”. Maspion memang merupakan perusahaan lokal yang terkenal dengan produk alat-alat elektronik keperluan rumah tangga mulai dari setrika, blender, kipas angin sampai AC. Perusahaan yang berpusat di Surabaya ini memulai bisnisnya dari tahun 1960-an dengan fokus menghasilkan alat-alat rumah tangga.

Polygon

Pasti Anda mengenal merek sepeda yang satu ini. Mulai dari sepeda gunung, sepeda mini, sepeda BMX, sampai sepeda lipat telah dikeluarkan oleh pabrik sepeda yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur ini. Soal kualitas, Anda tidak perlu meragukannya. Banyak pengguna biasa sampai komunitas penggemar sepeda memakai produk lokal ini. Karena banyak dari kita yang lebih percaya produk-produk luar negeri, maka sang pemilik Polygon memperkenalkan barangnya pertama kali di luar negeri sebelum dijual di Indonesia, sehingga banyak yang mengira Polygon adalah produk luar negeri.

Polytron

Mungkin saja di rumah Anda memiliki tv, radio tape atau alat elektronik lain ber-merk Polytron. Tapi saya yakin kebanyakan Anda tidak mengetahui kalau ternyata produk ini asli Indonesia. Perusahaan yang mempunyai pabrik di Kudus dan Semarang ini bisa dibilang sudah jaminan kualitas. Karena sejak tahun 1970-an perusahaan ini telah membuat televisi dan dengan kualitas yang tidak kalah dengan buatan Korea dan Jepang.

Byon

Dengan semakin berkembangnya teknologi tidak menjadikan bangsa ini hanya sebagai pengamat saja. Namun, salah satu brand loka Indonesia, Byon, ikut meramaikan pasar laptop atau notebook. Walapupun dijual dengan harga yang relatif murah, Byon bukan produk abal-abal. Melainkan punya konsep yang cukup unik, yaitu notebook yang dapat di-upgrade seperti komputer desktop. Kehadiran Byon mebuktikan bangsa kita juga mampu membuat produk berteknologi tinggi. Jadi jangan heran jika produk ini terkenal murah, mengapa? karena ini produk Indonesia. Jadi untuk yang berada  di Indonesia tidak kena pajak, jadi lebih murah kan.

CFC

Brand lokal Indoesia yang terkenal dan banyak kita jumpai hampir di setiap pusat perbelanjaan adalah CFC. CFC (California Fried Chicken) sudah terkenal dengan cita rasa ayam gorengnya yang nikmat dan gurih. Tapi tahukah Anda bahwasanya ini merupakan perusahaan Indonesia. Memang karena nama yang diusung perusahaan ini begitu mencerminkan Negara Amerika Serikat, sehingga banyak yang tidak mengetahuinya, padahal ternyata produknya murni berasal dari Indonesia. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang dimiliki CFC memiliki ciri khas rasa yang sebanding dengan cita rasa ayam goreng asal Amerika Serikat. Awalnya, perusahaan ini bernama California Pioneer Chicken. Namun sejak tahun 1988, namanya diganti menjadi California Fried Chicken hingga sekarang. Restoran yang dikelola PT Pioneerindo Gourmet Tbk itu tidak ada keterkaitan bisnis sama sekali dengan pihak atau perusahaan asing manapun. Tetapi karena CFC membawa nama California yang merupakan negara bagian Amerika serikat, maka makanan daging ayam yang dijual CFC dianggap sebagai produk makanan siap saji dari Amerika.

Awalnya banyak orang yang beranggapan CFC merupakan perusahaan luar negeri. Namun nama CFC yang keren itu memiliki kualitas makanan yang bagus sehingga bisa disejajarkan dengan standar restoran bertaraf internasional. Dengan mengusung nama yang enak didengar dan mudah diingat, menjadikan CFC sukses hingga sekarang dan sudah memiliki cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. CFC membutuhkan tak kurang 30 hingga 40 ton ayam pedaging setiap minggunya. Namun jika memasuki hari raya Lebaran, Natal, dan Tahun Baru kebutuhan itu meningkat menjadi 40 hingga 50 ton perminggu.

Itulah daftar brand lokal Indonesia yang tembus kepasar kuar negeri, semoga kedepannya terus maju, dan populer produk dari dalam negeri.

 

 

 

 

Related Post to Brand Lokal Indonesia Yang Terkenal di Luar Negeri

error: Content is protected !!