Bolu Kukus Tidak Mekar, Apa yang Kurang ?

Bolu kukus tidak mekar mungkin jadi masalah yang sedang Anda alami saat ini, padahal Anda merasa telah mengikuti panduan resep dengan baik dan benar. Lalu, apa yang menjadi kekurangan dari bolu kukus yang Anda buat sehingga tidak bisa mekar dengan sempurna? Mungkin setelah melihat berbagai resep yang beredar, baik di buku resep atau internet, membuat bolu kukus terlihat mudah untuk Anda praktekkan. Memang, membuat bolu kukus mudah, namun jika tidak mengerti secara benar teknik dalam pembuatannya, biasanya bolu yang dihasilkan cenderung bantat dan tidak sempurna seperti bolu kukus yang sering dijual di pasar.

bolu kukus tidak mekar

Apa Penyebab Bolu Kukus Tidak Mekar Sempurna ?

Biasanya, penyebab bolu kukus tidak mekar sempurna adalah karena bahan dalam pembuatan seperti air soda telah dibuka sebelumnya sesaat sebelum mulai membuat bolu. Hal itulah yang membuat soda ini menguap dan tentu akan memuat bolu menjadi tidak dapat mengembang secara sempurna. Kesalahan yang umumnya dilakukan juga ada pada proses pengocokan bahan. Sebaiknya, saat melakukan proses ini, mixer harus dalam kecepatan yang tinggi dan dilakukan pengocokan kira-kira selama 15 menit. Cara seperti ini tentu dapat membuat adonan mengembang secara sempurna.

Bolu kukus tidak mekar  juga bisa saja diakibatkan karena penggunaan cetakan yang tidak benar. Hal inilah yang membuat bolu menjadi gagal dan tidak matang dengan baik. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menggunakan cetakan yang terbuat dari bahan alumunium khusus untuk bolu kukus. Dalam beberapa kasus, proses memasak bolu kukus yang salah adalah tidak melapisi bagian atas bolu dengan kain bersih saat melakukan pengukusan, padahal pengukus yang Anda gunakan mungkin saja meneteskan air di atas permukaan bolu karena proses penguapan, dan hasilnya pun bisa ditebak, bolu menjadi tidak mekar. Saat proses pengukusan, waktu yang cukup untuk membuat bolu menjadi matang secara menyeluruh tidak boleh kurang dari 10 menit. Selain itu, Anda juga tidak boleh membuka tutup panci jika belum waktunya matang. Hal ini dikarenakan, suhu saat proses pengukusan dalam panci akan menurun saat Anda membukanya dan itu membuat bolu tidak matang.

Untuk mengetahui matang tidaknya bolu yang sedang dikukus, setelah 10 menit Anda bisa mengeceknya menggunakan tusuk gigi. Dalam keadaan belum matang, bolu yang ditusuk tersebut akan menempel pada tusuk gigi, namun jika sudah matang, maka tidak akan ada lagi adonan yang menempel di tusuk gigi. Beberapa cara di atas bisa Anda praktekkan langsung saat mencoba untuk memasak bolu kukus di rumah. Semoga, dengan mengetahui hal-hal yang menyebabkan bolu kukus tidak mekar, Anda bisa berhasil membuat bolu kukus yang enak dan disukai keluarga.

Related Post to Bolu Kukus Tidak Mekar, Apa yang Kurang ?

error: Content is protected !!