Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat ? Inilah Jawabannya

Bolehkah ibu hamil naik pesawat ? Mungkin adalah pertanyaan yang sering dikemukakan jika seorang ibu hamil terpaksa harus pergi jauh dengan menggunakan pesawat. Ibu hamil memiliki kondisi tubuh yang berbeda dengan orang normal. Oleh karena itu jika ibu hamil terpaksa harus naik pesawat sebaiknya perhatikan beberapa hal yang mendukung keamanan ibu hamil saat bepergian. Berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

Tips Ibu Hamil yang Akan Naik Pesawat

Ibu hamil yang terpaksa bepergian menggunakan pesawat sebaiknya memperhatikan hal hal berikut ini. Pertama, usahakan usia kehamilan saat berpergian dengan menggunakan pesawat sekitar 36-38 minggu. Selain itu gunakan penerbangan yang tidak lebih dari empat jam. Janin yang ibu hamil kandung bukanlah janin kembar. Kedua, sang ibu hamil tidak memiliki masalah mengenai penyakit jantung, darah tinggi dan lainnya. Membawa rawat kesehatan serta berkonsultasi dengan dokter agar tetap nyaman saat bepergian. Posisi duduk di kabin pesawat bisa menimbulkan permasalahan penggumpalan darah sehingga diusahakan agar tidak menggunakan penerbangan yang lebih dari empat jam.

Bolehkah Ibu Hamil Trimester 1 Naik Pesawat

Bagaimana dengan ibu hamil yang berada di trisemester pertama jika harus naik pesawat? (Bolehkah ibu hamil trisemester 1 naik pesawat) mungkin adalah kehawatiran yang banyak ditanyakan oleh ibu hamil. Saat hamil pada trisemseter pertama sebaiknya tidak melakukan penerbangan dengan pesawat. Hal ini karena bisa saja meningkatkan rasa mual pada ibu hamil. Jika terpaksa melakukan penerbangan sebaiknya membawa kantong plastik ekstra untuk mengantisipasi mual saat di perjalanan. Selain itu saat trismster pertama juga sang ibu sangat rentan untuk keguguran dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu ibu hamil disarankan untuk membawa obat-obatan dan data medis. Selain itu ibu hamil juga menyadari resiko yang akan diterimanya.

bolehkah ibu hamil naik pesawat

Tips Nyaman Naik Pesawat untuk Ibu Hamil

Pertanyaan bolehkah ibu hamil naik pesawat, bisa dijawab boleh, asal sang ibu juga memperhatikan beberapa tips keamanan saat naik pesawat tersebut. Saat naik pesawat sebaiknya ibu hamil menggunakan tempat duduk di lorong. Tempat duduk dilorong akan memudahkan Anda ketika Anda merasa mula, hendak muntah hingga buang air kecil sehingga Anda mudah untuk pergi ke toilet. Kedua, gunakanlah stoking, hal ini bisa membantu Anda untuk mencegah pembekuan darah yang ada. Ketiga, jangan duduk terlalu lama, sebaiknya Anda berjalan jalan untuk melancarkan peredaran darah.

Resiko Ibu Hamil Naik Pesawat

Ibu hamil juga bisa memiliki resiko saat naik pesawat. Ada beberapa resiko yang bisa diderita oleh ibu hamil saat naik pesawat. Pertama, resiko terkena infeksi penyakit. Hal ini perlu dicermati dan diantasipasi oleh ibu hamil. Kedua, kaki bengkak, hal ini bisa disebabkan karena peredaran darah yang tidak lancar. Ketiga, gangguan sakit perut ataupun mual-mual. Hal ini memang wajar saat hamil namun keadaan kabin dan tekanan saat berada di pesawat akan membuat hal ini bisa menjadi lebih parah. Terakhir adalah resiko pembekuan darah. Hal ini disebabkan karena penerbangan yang terlalu lama sehingga trombosit tidak mengalir ke seluruh tubuh.

Melihat resiko tersebut, bolehkah ibu hamil naik pesawat pada dasarnya boleh saja. Namun ibu hamil tidak boleh melupakan beberapa resiko yang akan diderita. Oleh karena itu saat ibu hamil terpaksa harus melakuan perjalanan dengan menggunakan pesawat sebaiknya sedang dalam kondisi prima serta tidak berada pada trisemster pertama. Waktu terbaik yang bisa digunakan adalah saat trisemster kedua saat kondisi kehamilan sudah stabil.

Related Post to Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat ? Inilah Jawabannya

error: Content is protected !!