Ancaman Virus Rubella Pada Ibu Hamil

Setiap ibu yang sedang menjalani masa-masa hamil tentu tidak ingin mengalami kejadian buruk yang mengancam diri dan calon si buah hati yang berada di dalam kandungannya. Namun sudah menjadi suatu keharusan bahwa ibu hamil harus lebih ekstra waspada lagi untuk saat ini. Mengapa? Hal ini dikarenakan akhir-akhir ini muncul beberapa ancaman virus baik terhadap sang ibu maupun sang janinnya. Salah satu virus yang sering menjadi momok di masyarakat kita yang akan kami bahas di sini adalah tentang virus Rubella. Apa itu Rubella, dan apakah virus Rubella pada ibu hamil itu berdampak buruk? Kami akan coba memberikan paparan dan penjelasannya pada pembaca sekalian di bawah ini.

virus rubella pada ibu hamil

Rubella merupakan virus yang di masyarakat kita sering disebut dengan nama virus campak Jerman. Anda pernah mendengarnya, bukan? Nah, virus Rubella termasuk dalam kategori virus yang disebabkan oleh parasit yang berasal dari beberapa hewan di lingkungan sekitar kita. Termasuk hewan-hewan yang dapat menyebarkan parasit atau virus Rubella adalah jenis unggas (ayam, burung), dan kucing, sapi, serta jenis hewan lainnya yang biasa hidup di lingkungan kita. Virus Rubella merupakan virus yang termasuk dalam keluarga virus atau parasit yang sering dinamakan virus TORCH. TORCH di sini merupakan singkatan dari nama-nama virus di bawah ini :

  1. Toxoplasma
  2. Rubella
  3. Cytomegalovirus (CMV)
  4. Herpes simplex virus

Tanda-tanda Serangan Virus Rubella pada Ibu Hamil

Jika terjadi serangan virus Rubella pada ibu hamil atau pada siapa saja, maka pada umumnya dampak yang ditimbulkan pada tubuh seseorang itu adalah :

  1. Munculnya bintik merah di bagian sekitar wajah dan leher
  2. Suhu badan meningkat, meskipun tidak secara drastis
  3. Timbul rasa nyeri di beberapa bagian sendi
  4. Hidung seperti pilek, mengeluarkan cairan dan terkadang tersumbat
  5. Mata merah
  6. Beberapa titik kelenjar bening mengalami pembengkakan, seperti di bagian belakang teliga, dan belakang leher, serta bagian dalam tenggorokan terasa seperti ada benjolan yang membuat tidak nyaman.

virus rubella pada ibu hamil 4 bulan

Bahaya Virus Rubella pada Ibu Hamil dan Janin

Secara umum virus Rubella tidak akan berdampak buruk pada wanita hamil. Namun sangat perlu untuk dihindari karena beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa yang justru sangat dikhawatirkan dari akibat serangan virus Rubella adalah kepada si janin.

bahaya virus rubella pada ibu hamil

Seorang ibu yang sedang hamil yang kemudian terjangkit virus Rubella memiliki dampak buruk yang mengancam janinnya. Di antara kemungkinan buruk yang akan terjadi terhadap si janin adalah :

  1. Terganggunya proses perkembangan organ tubuh
  2. Ukuran tengkorak kepala akan lebih kecil dari ukuran normal
  3. Berat badan bayi akan berada di bawah angka normal saat dilahirkan
  4. Terjadinya kelainan fungsi mata dan telinga
  5. Terganggunya sistem saraf
  6. Dan kemungkinan buruk lainnya yang sangat tidak diharapkan oleh siapa pun di antara kita.

Kemudian ada data lain dari sumber yang dapat dipercaya menjelaskan bahwa hanya ada sekitar 25% janin di dunia ini yang akan tertular Rubella yang sedang diderita oleh ibu yang mengandungnya. Di dalam data tersebut juga disebutkan bahwa kemungkinan ini terjadi pada usia kehamilan 3 bulan pertama.

Hal ini berarti sebagai seorang wanita yang sedang hamil sangat diharuskan sekali untuk sebisa mungkin menghindari serangan virus Rubella. Jika kita bisa memahami dari media yang membawa atau yang dapat menyebarkan virus Rubella ini seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka wajiblah seorang wanita hamil untuk menjaga kebersihan lingkungan serta menghindari interaksi dengan hewan-hewan yang menjadi jembatan virus Rubella yang siap menjangkiti Anda.

Nah, semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca sekalian yang sedang mencari informasi tentang virus Rubella pada ibu hamil. Jika Anda terlanjur terjangkit oleh virus yang satu ini, saran terbaik kami adalah Anda agar segera menemui dokter terdekat untuk membantu Anda mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus Rubella.

Related Post to Ancaman Virus Rubella Pada Ibu Hamil

error: Content is protected !!