5 Manfaat Vitamin B Kompleks, Anggota dan Sumbernya

Vitamin B kompleks merupakan semua jenis vitamin yang bisa larut dalam air, kecuali vitamin C. Oleh karenanya, pastinya terdapat banyak sekali manfaat vitamin B kompleks tersebut. Tentunya sebelum kita mengetahui apa saja manfaat dari vitamin B kompleks tersebut, perlulah kiranya Anda mengetahui vitamin apa saja yang termasuk ke dalam vitamin B kompleks tersebut. Mengingat vitamin B kompleks tidak hanya mencakup satu vitamin saja.

manfaat vitamin b kompleks

Benar adanya sebelum kita berlanjut pada pembahasan terkait manfaat vitamin B kompleks, ada baiknya kita ulas dahulu apa saja vitamin yang tergolong pada vitamin B kompleks tersebut. Vitamin B kompleks ternyata merujuk kepada thiamine atau yang biasa dikenal dengan sebutan vitamin B1, riboflavin atau yang biasa dikenal dengan sebutan vitamin B2, niacin atau yang biasa dikenal dengan sebutan vitamin B3, asam pantotenat atau yang biasa dikenal dengan sebutan vitamin B5, pyridoxina atau yang biasa disebut dengan sebutan B6, cobalamins atau yang biasa dikenal dengan sebutan vitamin B12, vitamin C, asam folat, dan biotin. Nah, itulah beberapa vitamin yang tergabung dalam kelompok vitamin B kompleks. Setelah mengetahui anggotanya, akan dibahas fungsi vitamin B kompleks.

Nah, selain manfaat vitamin B kompleks (yang akan dibahas kemudian di dalam artikel ini), anggota yang terkandung di dalam vitamin B kompleks (seperti yang sudah dibahas sebelumnya), yang akan dibahas di dalam artikel ini juga adalah sumber vitamin B kompleks. Dari mana saja vitamin B kompleks tersebut bisa didapat. Harapannya, pembaca dapat mengkonsumsi atau mencari sumber vitamin B kompleks tersebut setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapat jika mengkonsumsi vitamin B kompleks.

fungsi vitamin B kompleks

Sumber dan Manfaat Vitamin B Kompleks

Berikut ini akan diulas berbagai manfaat vitamin B kompleks. Tolong disimak ya!

  • Mencegah Penuaan Dini

Seringkali terdapat beberapa penyakit kulit yang menyebabkan seseorang terlihat lebih tua dari usianya. Misalnya saja kulit kering, kulit keriput, kulit berminyak, ketombe, kulit kering, bibir pecah-pecah, dan dermatitis. Tahukah Anda apa penyebab terjangkitnya penyakit tersebut? Penyakit tersebut bisa diderita jika seseorang kurang dalam mengkonsumsi vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks nyatanya mengandung sintesis RNA (ribonucleic acid) dan DNA (deoxcyribonucleic acid) yang keduanya merupakan tempat bergantung kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Inilah mengapa fungsi vitamin B kompleks salah satunya adalah mencegah penuaan dini.

  • Meningkatkan Energi

Energi dihasilkan tubuh dengan bantuan vitamin B kompleks saat mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Jika Anda kurang mendapat asupan vitamin B kompleks maka Anda akan merasa cepat lelah saat beraktivitas karena pembentukan energi di dalam tubuh Anda tidak berjalan dengan optimal.

khasiat vitamin b complex

  • Membantu Proses Metabolisme

Manfaat vitamin B kompleks lainnya adalah mampu memperbaiki pencernaan dan produksi asam klorida (HCL). Fungsinya adalah memecah lemak, karbohidrat, dan protein. Hal ini terjadi karena sifat vitamin B kompleks yang mampu larut di dalam air.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Vitamin B kompleks mengandung unsur niacin. Unsur ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain menurunkan kadar kolesterol jahat, unsur ini juga mampu meningkatkan kolesterol baik. Vitamin B kompleks juga mampu membantu mencegah pengerasan pembuluh darah yang bisa berakibat serangan jantung dan stroke.

  • Meningkatkan fungsi otak

Terakhir, vitamin ini juga mampu meningkatkan fungsi konsentrasi dan fungsi memori. Dalam tugasnya meningkatkan fungsi otak, vitamin B kompleks bekerja dengan cara membangun perisai pelindung di sekitar saraf otak. Fungsi perisai tersebut adalah untuk melindungi otak dari ancaman homosistein, yakni sebuah racun berbahaya bagi sel-sel syaraf.

Nah, itulah tadi 5 manfaat vitamin B kompleks bagi tubuh. Bukankah vitamin B kompleks tersebut sangat penting? Setelah mengetahui berbagai manfaat atau fungsi vitamin B kompleks bagi tubuh, Anda juga perlu tahu dari mana saja sumber vitamin B kompleks tersebut. Berikut merupakan beberapa sumbernya:

  • Buah

Buah yang mengandung vitamin B kompleks di antaranya: alpukat, pisang, pepaya, stroberi, tomat, dan masih terdapat beberapa yang lain.

  • Sayuran

Sayuran yang mengandung vitamin B kompleks, di antaranya kentang, kacang hitam, bayam, dan masih banyak beberapa yang lain.

  • Lain-lain

Jamur, daging domba, ayam, yoghurt, sarden, udang, tempe, dan seluruh biji-bijian.

Nah, itulah tadi beberapa sumber dan manfaat vitamin B kompleks untuk tubuh Anda. Pengetahuan mengenai kesehatan memang sangat perlu untuk Anda. Setelah mengetahui berbagai manfaat, sumber, serta anggotanya mulailah untuk sering mengkonsumsi vitamin satu ini. Hal tersebut agar hidup Anda menjadi lebih sehat dan bahagia.

Related Post to 5 Manfaat Vitamin B Kompleks, Anggota dan Sumbernya

error: Content is protected !!