5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Sirsak atau Anona muricata Linn ini merupakan salah satu buah yang sangat segar. Kerabat dekatnya buah srikaya ini ternyata selain memiliki rasa yang sangat lezat dan manis, juga memiliki banyak manfaat daun sirsak bagi kesehatan. Ya, ada beberapa khasiat daun sirsak bagi kesehatan yang perlu kita ketahui selain dari buahnya saja. Daun sirsak ternyata mengandung senyawa antitumor seperti annonaceous acetogenins yang berfungsi sebagai anti kanker yang sangat ampuh melumpuhkan sel-sel kanker tanpa memberikan efek buruk bagi sel-sel tubuh yang sehat.

manfaat daun sirsak bagi kesehatan

Dengan kandungan yang terdapat pada daun sirsak, maka terdapat banyak manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang bisa dimanfaatkan. Dengan kandungan senyawa tersebut, daun sirsak juga bisa digunakan sebagai pengobatan depresi, stress hipertensi dan lain sebagainya. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan khasiat dari daun sirsak ini cukup dengan memanfaatkan air rebusan daun sirsak sebagai obat berbagai macam penyakit. Adapun caranya adalah dengan merebus daun sirsak sebanyak 10 lembar daun sirsak pada 3 gelas air lalu didihkan hingga tersisa setengahnya saja. Kemudian air rebusan ini minum secara teratur sebanyak 3 kali dalam sehari.

Untuk memanfaatkan khasiatnya, Anda bisa menggunakan jenis daun sirsak tua, biasanya warnanya agak tua. Umumnya, pengobatan melalui daun sirsak ini lebih mirip seperti kemoterapi yang bisa menyebabkan panas dari dalam. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena biasanya efek ini terjadi pada orang-orang tertentu saja. Karena tidak semua orang bisa merasakan efek seperti itu. Adapun manfaat daun sirsak bagi kesehatan biasanya akan terasa jika Anda mengkonsumsinya dengan rutin selama 2 mingguan.

khasiat daun sirsak bagi kesehatan

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat lain daun sirsak yang bisa kita dapatkan jika kita rutin mengkonsumsinya dengan teratur dan cara pengolahan yang benar. Bagi Anda yang penasaran apa saja kegunaan daun sirsak bagi kesehatan, ini dia ulasannya sebagai berikut:

  1. Sebagai obat kanker

Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat pada daun sirsak, membuatnya memiliki khasiat yang cukup ampuh dalam mengobati atau mencegah penyakit kanker. Bahkan, berdasarkan penelitian sendiri daun sirsak ini mampu melawan kanker hingga 100 kali kemampuan kemoterapi. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak bagi kesehatan sebagai obat kanker, adapun caranya yaitu dengan merebus sebanyak 10 lembar daun sirsak yang sudah tua ke dalam 3 gelas air mentah bersih, lalu rebus hingga airnya menyusut sampai tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan daun sirsak tadi sebanyak 2 kali sehari hingga 2 mingguan.

  1. Mengobati penyakit asma

Penyakit asma yang menjengkelkan memang kerap mengganggu aktivitas seseorang, sehingga membuat penderitanya menjadi ketergantungan obat uap untuk asma. Kini Anda tak perlu khawatir, karena salah satu manfaat daun sirsak bagi kesehatan adalah untuk mengobati asma. Adapun cara mengobati asma dengan daun sirsak yaitu dengan merebus sebanyak 7 lembar daun sirsak, lalu remas-remas daun tersebut dan gunakan air rebusan tadi sebagai ramuan penyakit asma.

khasiat dari daun sirsak

  1. Mengobati asam urat

Manfaat daun sirsak bagi kesehatan lainnya adalah dapat mengobati asam urat. Adapun untuk membuat ramuan daun sirsak ini sangat mudah dan praktis. Yaitu dengan cara mengambil 10 lembar daun sirsak tua, cuci hingga bersih dan potong-potong daunnya hingga keluar sari pada daun sirsak. Setelah itu, rebus ke dalam 2 gelas air dan didihkan sampai tersisa setengahnya. Untuk pemakaian secara teratur, minum air rebusan daun sirsak tadi sebanyak 2 kali sehari.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan pada daun sirsak juga mampu membuat tubuh menjadi lebih tahan terhadap gangguan penyakit. Dengan mengkonsumsi daun sirsak juga membuat tubuh Anda memiliki kekebalan tubuh lebih besar. Adapun caranya adalah dengan mengambil 5 lembar daun sirsak, lalu rebus ke dalam 4 gelas air, didihkan sampai tersisa segelas saja. Minum sehari sekali secara teratur untuk manfaat yang optimal.

  1. Menghilangkan bisul

Bagi Anda yang mengalami gangguan bisul pada kulit dengan rasa yang sangat nyeri. Jangan khawatir, kini Anda bisa mengobatinya secara alami dengan menggunakan daun sirsak. Adapun caranya adalah dengan mengambil 8 lembar daun sirsak muda, kemudian remas-remas dan tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisul sampai mengering dan sembuh.

Nah, itulah beberapa manfaat daun sirsak bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika memanfaatkan daun sirsak. Semoga bermanfaat!

Related Post to 5 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

error: Content is protected !!