5 Kebiasaan Buruk Ketika Bekerja yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Bekerja adalah salah satu rutinitas sehari-hari yang hampir setiap orang lakukan. Banyak dari kita mengetahui bahwa terlalu lama duduk di depan meja ketik memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Tapi mungkin karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, seperti sedang dikejar deadline, maka akan membuat Anda mengabaikan hal-hal yang sebenarnya memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan.

kebiasaan buruk ketika bekerja yang berbahaya bagi kesehatan

Berikut ini adalah kebiasaan buruk ketika bekerja yang berbahaya bagi kesehatan :

Duduk Terlalu Lama

Duduk lama di kantor memanglah hal yang wajar, karena pekerjaan menuntut Anda untuk melakukan hal tersebut. Namun perlu diperhatikan jika duduk terlalu lama tanpa jeda akan memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh Anda. Sakit pinggang, sakit punggung, gangguan metabolisme dan nyeri pada otot bisa saja terjadi jika Anda duduk terlalu lama tanpa jeda. Untuk mengatasi masalah ini maka ada baiknya jika Anda memberikan jeda bagi tubuh untuk beristirahat dengan cara berjalan-jalan selama 20 hingga 30 menit. Tapi jika Anda tidak memiliki waktu untuk beristirahat, maka berdiri sambil menggerakkan badan beberapa detik pun bisa memberikan dampak yang baik bagi tubuh.

Menatap Layar Komputer Terlalu Lama

Terlalu lama menatap layar komputer salah satu kebiasaan buruk ketika bekerja yang berbahaya bagi kesehatan terutama pada mata. Selain itu, terlalu fokus menatap layar komputer bisa membuat otot-otot leher Anda menjadi tegang. Menggerakkan leher Anda ke samping kanan dan kiri serta dengan gerakan memutar bisa sedikit mengatasi ketegangan pada otot leher Anda. Jika Anda bekerja menggunakan laptop aturlah posisi layar sehingga sejajar dengan pandangan mata Anda sehingga Anda tidak perlu mengangkat atau menundukkan kepala Anda. Atur tingkat kecerahan layar komputer Anda sehingga mata tidak mudah lelah. Selain itu sesekali palingkan pandangan Anda ke arah yang lain atau istirahatkan mata sambil merenggangkan bagian tubuh yang lain.

Tidak Pernah Membersihkan Permukaan Keyboard, Mouse dan Meja Kerja

Jika Anda menggunakan komputer setiap hari, maka komputer Anda mungkin saja bisa di penuhi dengan bakteri. Setiap hari Anda menggunakan tangan bukan hanya untuk menyentuh komputer tapi juga benda lain. Belum lagi jika ketika Anda flu, terkadang Anda membuang ingus tanpa mencuci tangan dan langsung menyentuh kembali komputer Anda. Bersihkanlah permukaan meja kerja dan komputer Anda, jika perlu gunakan cairan yang mengandung antibakteri.

Merokok

Merokok bukan hanya bisa merusak kesehatan Anda tapi juga kesehatan orang lain disekitar Anda yang terganggu dengan asap rokok Anda. Belum lagi jika Anda merokok di ruangan ber-AC maka itu sama saja Anda menyebar penyakit kepada orang lain.

Terlalu Sering Lembur

Bekerja lebih dari 8 jam perhari bisa membuat tingkat stres Anda bertambah. Selain itu juga tubuh Anda akan terasa lebih lelah karena harus bekerja lebih dari waktunya. Berbagai resiko penyakit seperti sakit jantung, depresi, gangguan metabolisme dan penyakit lainnya, bisa saja terjadi jika Anda terlalu sering lembur. Disarankan bagi Anda untuk tidak terlalu sering lembur dan sesekali lakukanlah refreshing di hari libur kerja.

Related Post to 5 Kebiasaan Buruk Ketika Bekerja yang Berbahaya Bagi Kesehatan

error: Content is protected !!