5 Contoh Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan sering disebut sebagai masa ketika seorang ibu harus makan untuk jatah dua orang. Walaupun kurang tepat jika seorang ibu hamil menggandakan porsi makannya hingga dua kali lipat mengingat jumlah kalori tambahan yang dibutuhkan oleh ibu hamil hanya sekitar 300 kalori/hari. Bandingkan dengan jumlah kalori normal yang dibutuhkan oleh seorang wanita dewasa setiap harinya, yaitu 2500 kalori. Maka dari itu, di dalam artikel ini kami akan memberikan contoh makanan bergizi untuk ibu hamil khususnya makanan ringan yang mendampingi makanan pokok dalam rangka memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk ibu dan janinnya.

contoh makanan bergizi untuk ibu hamil

Walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang wanita hamil merasa lebih cepat lapar, sementara waktu makan belum tiba. Untuk itu tidak ada salahnya untuk wanita hamil, terutama yang memiliki segudang aktifitas untuk membawa serta makanan ringan atau cemilan kemanapun mereka pergi. Tentunya harus mempertimbangkan faktor gizi dari makanan ringan yang dimakannya juga agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Berikut ini adalah contohnya.

Daftar 5 Contoh Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Meskipun contoh-contoh makanan di bawah adalah makanan ringan, akan tetapi daftar berikut merupakan contoh makan bergizi untuk ibu hamil.

  1. Yoghurt

contoh makanan bergizi untuk ibu hamil muda

Tak hanya banyak mengandung asam amino, yogurt juga kaya akan kalsium yang bagus untuk memenuhi kebutuhan harian ibu dan janin. Selain itu, yoghurt juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral. Beberapa merek yoghurt bahkan mengandung probiotik, yaitu bakteri ‘baik’ yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan ibu hamil. Beberapa ibu hamil yang tidak suka susu, bisa menjadikan yoghurt sebagai alternatif pengganti sumber kalsium karena rasanya yang lebih menyegarkan dibandingkan susu.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan kripik, sebagai salah satu contoh makanan bergizi untuk ibu hamil yang tergolong makanan ringin dengan cita rasa yang gurih. Ada banyak jenis kacang yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil di antaranya kenari, almond, kacang mete dan kacang tanah.

makanan bergizi untuk ibu hamil trimester pertama

Dari jenis kacang- kacangan tadi, kacang mete yang paling direkomendasikan untuk ibu hamil karena kandungan lemaknya paling sedikit. Satu ons kacang mete kering atau panggang, mengandung sekitar 160 kalori. Kacang mete memiliki kandungan berupa tembaga, magnesium, fosfor, dan Triptofan (yaitu salah satu jenis asam amino yang bekerja dengan sifat esensial untuk menyusun protein pada tubuh manusia) yang cukup tinggi. Selain itu, kacang mete juga merupakan sumber untuk vitamin B, kalium, dan asam folat yang baik. Zat besi dan kalsium juga ditemukan dalam kacang mete, meskipun kandungannya dalam jumlah kecil.

  1. Buah, Buah dan Buah!

makanan bergizi untuk ibu hamil usia 5 bulan

Pada dasarnya hampir semua jenis buah-buahan memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Ada tiga jenis buah yang direkomendasikan selama masa kehamilan, yaitu kurma, alpukat dan manggis. Manfaat yang bisa didapatkan dari buah kurma adalah kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan hemoglobin. Karena ibu hamil biasanya rentan terhadap anemia. Sedangkan kandungan asam folat di dalam buah alpukat juga penting yang fungsi dari asam folat itu sendiri pernah kami jelaskan di artikel kami yang lain yaitu untuk membantu pertumbuhan tulang belakang janin dan juga perkembangan otak janin agar janin lahir dengan sempurna dan memiliki kecerdasan otak yang optimal.

  1. Granola

contoh makanan bergizi bagi ibu hamil

Granola mungkin kurang popular di Indonesia, bentuknya seperti bar yang mengandung gandum, madu dan kacang-kacangan. Granola baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung serat yang baik untuk usus dan dapat membangun kekuatan otot ibu. Selain itu granola bersifat rendah kolesterol, sehingga dapat memelihara kesehatan jantung dan kaya akan zat besi.

Related Post to 5 Contoh Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

error: Content is protected !!